It's just my little's notes…

Nggosip

Posted on: Februari 25, 2011

Ngobrol dengan teman atau saudara memang menyenangkan, namun adakalanya saking asyiknya menjadikan obrolannya jadi ngalor – ngidul bahkan tidak jarang tanpa sadar membicarakan aib orang lain.

Hal semacam ini juga sering kita temui baik ditempat umum, dilingkungan rumah, di kantor dan lain-lain. Seperti juga yang sering saya temui dilingkungan saya bekerja, awalnya hanya membicarakan tentang pekerjaan namun lama-lama obrolannya melebar kemana-mana akhirnya jadi nggosip, ghibah (bergunjing), ngomongin aib orang apalagi jika tidak senang melihat orang lain senang.

Tidak mudah memang untuk menghindar jika sudah terperangkap dalam jerat teman yang awalnya hanya ngobrol biasa namun berujung ngomongin kejelekan orang, seperti yang tidak jarang saya alami. Saya merasa tidak enak jika langsung memotong pembicaraannya atau langsung pergi begitu saja khawatir teman menjadi tersinggung apalagi jika mereka usianya lebih tua, jika usianya lebih muda saya bisa langsung bilang “dilarang nggosip”, dan biasanya mereka langsung ketawa dan berhenti ngomongin orang.

Padahal kalau kita ingat (karena semua orang pastinya sudah tahu hukumnya ya kan … namun seringnya lupa😦 ) kalau ghibah atau mengunjing atau membicarakan aib orang lain itu hukumnya haram / dosa.

“Hai orang-orang beriman, jauhilah kebanyakan sangka-sangka (dugaan terhadap sesama muslim), karena sebagian sangka-sangka itu adalah dosa. Dan janganlah kamu mencari aib (keburukan). Dan janganlah sebagian kamu mengumpat yang lain. Sukakah salah seorang dari kamu memakan daging saudaramu yang telah mati (bangkainya)? Maka kamu tentu kamu benci memakannya, takutkan kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah maha penerima taubat lahi maha penyayang” (Qs Al Hujurat :12)

Bahkan menggunjingkan aib orang lain meski yang dibilangkan itu benarpun termasuk ghibah (kecuali ghibah yang diperbolehkan misalnya melaporkan perbuatan aniaya kepada penegak hukum).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa ‘ala aalihi wa sallam bersabda: “Tahukah kalian apa itu ghibah?”, Mereka menjawab, “Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu.” Beliau bersabda, “Yaitu engkau menceritakan tentang saudaramu yang membuatnya tidak suka.” Lalu ditanyakan kepada beliau, “Lalu bagaimana apabila pada diri saudara saya itu kenyataannya sebagaimana yang saya ungkapkan?” Maka beliau bersabda, “Apabila cerita yang engkau katakan itu sesuai dengan kenyataan maka engkau telah mengghibahinya. Dan apabila ternyata tidak sesuai dengan kenyataan dirinya maka engkau telah berdusta atas namanya.” (HR. Muslim)

Agar terhindar atau tidak terlibat dari ghibah saya telah menemukan tips yang Insya Allah manjur antara lain :

1. Selalu ingat larangan ghibah pada saat berbicara.

2. Sebisa mungkin mengalihkan pembicaraan, tentunya dengan cara yang tidak menyinggung perasaan teman yang mengajak bicara.

3. Menghindarkan diri dari arena ghibah misalnya tidak berlama-lama ngobrol dengan teman yang suka ghibah.

4. Berjanji kepada diri sendiri untuk sebisa mungkin tidak membiarkan orang lain menjadikan diri sendiri sebagai sasaran empuk untuk ghibah.

Mudah-mudahan Allah menjauhkan diriku & keluargaku juga kita semua dari perbuatan yang tidak terpuji ini, amin.

sumber gambar : abughifari.wordpress.com

28 Tanggapan to "Nggosip"

Terimakasih ya Ummi, sudah diingatkan. Saya kadang2 juga kebablasan (tapi kadang2 lho, hehe). Doakan ya Ummi, biar saya terhindar dari yang seperti itu;

sama-sama masbro ini juga sebagai pengingat diri saya sendiri kok…amin donya

Zaman sekarang yang sering nggosip bukan hanya ibu2, bapak2nya juga. Kadang saya juga ikut-an. Ups…!
Thanks telah diingatkan.

ngegosip emang sudah menjadi kebiasaan, kalangan ibu biasanya ya, kalau sudah berkumpul dengan ibu-ibu rasanya gatel deh kalo gak ngegosip he he he,,,,upppss,,,!!! semoga kita semua terhindar dari hal-hal yang tidak di rindhoi Allah,,,,!

gosip..gosip…gosipp… kalo gosip yang positif ada ga ya .. mba… ? kaburrrrrrrrrrrrr ah,,,,… takut di omelinnnnn:)

Hal buruk yang akhirnya menjadi kebiasaan di setiap pertemuan. Semakin lama ngobrol tentu akan tercipta celah yang akan membawa obrolan ke hal-hal demikian. Syaitan selalu pintar membuat celah tersebut sehingga manusia banyak terjerumus di dalamnya.

Semoga kita terjaga dari hal-hal yang mendatangkan mudharat yang asalnya dari syaitan.

postingannya menohok dan menceramahi saya. hik saya orangnya kadang emang suka ngomongin orang. Saya coba deh, buat hilangin kebiasaan ghibah ini😦
Syukran ukhti🙂

Gosip di gosok makin sippp…

Bener banget, Mbak…
Berghibah sudah jadi mendarah daging😦
Kalau memang tak bisa membelokkan topik pembicaraan, saya berusaha untuk meninggalkan kelompok yang sedang bergosip itu saja…
Semoga kita selalu terhindar dari ghibah…🙂

semoga kita semua terhindar dari salah satu penyakit , yaitu penyakit gosip….

amin..amin, semoga ya mbk.
tips yg bermanfat

4. Berjanji kepada diri sendiri untuk sebisa mungkin tidak membiarkan orang lain menjadikan diri sendiri sebagai sasaran empuk untuk ghibah.

ini yang rada susah, gmn caranya ya… kan kita nggak tau klo digosipin..🙂

makasi petuahnya… salam kenal

moga kita terhindar dari kebiasaan menggosip yg menggunjing🙂

Maaf baru nongol lagi
Baru update dan BW lagi nih daku
Salam persohiblogan🙂

yah blom apdet😦

Duh saya termasuk yang sering keceplosan juga tuh. Meski suka susah ninggalin kerumunan klo lagi pada ngomongin orang lain tuh. Makasih udah diingatkan, semoga bisa lebih baik nanti, amin..

salam hangat🙂

semoga aku senantiasa terhindar dari hal-hal tak baik itu

Assalaamu’alaikum Wr. Wb Ummu Rizka…

Senang dapat kembali menyapa mbak, rindu sekali setelah sekian lama tidak hadirkan diri dan mencorat-coret sesuatu yang bisa dijadikan pesan dan bicara.

Benar sekali mbak, apa sahaja yang dinamakan gosip berlaku di mana-mana dalam linkungan kita seharian. Bagamana kita harus menghindarinya, terpulang kepada kebijakan kita seperti tips2 yang mbak sarankan di atas. Saya setuju semuanya.

Sebaiknya, kurangkan bergaul dengan sesiapa yang kita kenal suka melakukan gosip. Hanya berbicara saat ada keperluan sahaja. Jika tidak, dengan mendengarpun sudah dianggap bersubahat. Masya Allah.

Terima kasih mbak kerana sudah mengingatkan pesan Allah SWT dan Rasulullah SAW di atas. Mudahan kita terhindar dari melakukannya.

Salam sayang dan rindu selalu dari saya di Sarikei, Sarawak buat mbak di sana.😀

Bukannya nggosip itu identik dengan emak-emak yaa.. ?

mengapa hobi menggunjing?

1. tak paham kalau menggunjing dibenci Allah

2. tak bisa memilih hal lain yg jauh lebih bermanfaat untuk mengisi waktu

3. penyakit hati: senang melihat orang lain susah, susah melihat orang lain senang

semoga kita terhindar dari semua itu

kalo gak salah ada hadisnya kan ummi, kalo di neraka itu kebanyakan wanita karna bibirnya yang suka ghibah..

syukur saya jauh dari lingkungan itu, semoga u/ selamanya. amiin.

kalau lingkungan banyak yang tukang gosip? semoga tidak melebur juga ya, ummu…

Pencerahan di hari senin yang penuh semangat..
tetap semangat ummi…
*gambar nya di edit yah ummi?🙂 *

Ummu kemana aja nih. Btw mohon di terima ya award dari saya di http://maminxblog.com/asyik-dapat-award/

saya tahu ummu udah dapet award tersebut, tapi saya pengen ngasih aja. Suatu kehormatan kalau ummu sudi nerima award nya, makasih🙂

serem yah kalo tau balasan bagi mereka yang suka ghibah…
bener banget perempuan yg suka berghibah…
makasih ya ummi…atas nasihat penuh makna ini

nggosip emang asyik ya Ummu sampe lupa waktu dan lupa diri kalo sebenarnya diri kita juga banyak aibnya. Kita memang harus selalu mengingatkan karena kita sering lalai meski sudah tahu ilmunya.

belum nulis lagi?
ditunggu nih..

sedj

selama yang digossipin bukan saya sih gapapa mbak… kalo ternyata saya yg digossipin… hwuaa dZIg~😆 ehehehe…

salam~

Assalaamu’alaikum wr.wb sahabatku, UmmuRizka…

Hadir menyapa kerana rindu yang mengirimkan saya kemari. Kemana aja ni mbak, belum muncul2 lagi ke blog saya. Sudah kangen nih.. hehehe. Sibuk banget ya mbak.

Ayuuh mbak, menulislah. Saya tunggu postingnya mbak.

Saya selalu mendoakan mbak sihat dan bahagia bersama keluarga.

Salam sayang dan rindu selalu dari saya di Sarikei, Sarawak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Mutiara Kata

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (QS. Al-Baqarah: 216)
Februari 2011
S S R K J S M
« Jan   Mar »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28  

Archives

Top Rated

Blog Stats

  • 158,282 hits

Favorit link

%d blogger menyukai ini: