It's just my little's notes…

Ku Ingin Jantungku Sehat

Posted on: Februari 14, 2011

Berawal dari makan semur telor yang dimasakin ibu ketika itu.. karena masaknya banyak (mungkin 1 kg telur🙂 ), semur telor itu tidak habis untuk lauk dalam satu hari, saya sebagai seorang ibu yang mempunyai rasa eman jika makanan tidak habis maka selama 2 hari berturut-turut sayalah yang menghabiskan telur coklat itu (setelah dipanasi tentunya), kebetulan telor kecap ini merupakan makanan kesukaan saya sehingga sayapun tidak bosan menyantapnya.

Namun apa yang terjadi pada hari keempat, ketika saya bangun pagi dan mau melangkahkan kaki, kaki saya terasa sakit terutama diujung tumit saat menapak dilantai, telapak kaki seperti ditusuk-tusuk selain itu badan terasa berat dan cepat capek sehingga membuat saya sulit untuk melakukan aktifitas dan ini berlangsung selama 2 hari.

Tanpa pikir panjang saya segera berkonsultasi ke dokter, berdasarkan dari cerita saya dokter menganalisa, kemungkinan kadar kolesterol saya naik karena terlalu banyak menkonsumsi telor apalagi kuning telor mengandung banyak kolesterol jahat, memang tidak serta merta makan terlalu banyak telor langsung kena kolesterol namun memang sebenarnya saya sudah ada penyakit kolesterol ditambah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol sehingga kadar kolesterolnya meningkat lalu beliau menyarankan saya untuk cek laborat.

Ternyata benar analisa dokter, setelah melakukan chek up (darah rutin dan urine) hasilnya menunjukkan bahwa kolesterol total saya berada di posisi borderline high (200 -239 mg/dL) yaitu 209 sementara kolesterol total normal harus dibawah 200 mg/dL.

Selain memberi obat penurun kolesterol dokter juga menyarankan agar saya lebih banyak mengkonsumsi sayuran, mengurangi gorengan dan makanan yang dapat meningkatkan kolesterol jahat.

Setahun telah berlalu, beberapa hari yang lalu saya melakukan check laborat lagi , langkah ini saya lakukan setiap tahun untuk mengetahui tentang perkembangan kesehatan saya pada umumnya juga kolesterol saya agar apabila ada permasalahan dapat diketahui sejak dini juga karena ingat pesan dokter untuk melakukan check up kesehatan jangan menunggu ada keluhan atau gangguan kesehatan baru periksa namun tindakan pencegahan lebih baik karena banyak penyakit yang tidak menimbulkan gejala apapun pada awalnya, dan ternyata saat terdeteksi, sudah terlambat dan menjadi sulit untuk disembuhkan.

Hasil tes laborat saya tenyata kolesterol total saya mengalami kenaikan dibandingkan hasil tahun lalu, dari yang sebelumnya hanya 209 mg/DL naik menjadi 230 mg/DL …waduuh kok malah naik begini pikir saya, memang saya akui saya kurang memperhatikan apa yang disarankan dokter untuk mengubah pola makan namun memang sulit banget mengubahnya.

Membaca hasil laborat saya, dokter memberikan warning kepada saya agar lebih disiplin dan hati-hati dalam mengkonsumsi makanan serta untuk menguatkan tekad dalam mengubah pola makan.

Lebih detil dokter menjelaskan tentang kolesterol, kolesterol adalah suatu molekul lemak di dalam sel yang dibagi dibagi menjadi LDL (kolesterol jahat), HDL (kolesterol baik), total kolesterol dan trigliserida. Kolesterol sebenarnya merupakan salah satu komponen lemak yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita terutama untuk membentuk dinding sel-sel dalam tubuh. Kolesterol yang dibutuhkan tersebut, secara normal diproduksi sendiri oleh tubuh dalam jumlah yang tepat namun jumlahnya dapat meningkat karena asupan makanan yang berasal dari lemak hewani, telur dan yang disebut sebagai makanan sampah (junkfood). Kolesterol dalam tubuh yang berlebihan akan tertimbun di dalam dinding pembuluh darah dan menimbulkan suatu kondisi yang disebut aterosklerosis yaitu penyempitan atau pengerasan pembuluh darah. Kondisi inilah yang akan menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Wah mendengar penjelasan dokter saya jadi ngeri apalagi penyakit jantung merupakan penyebab tertinggi angka kematian selain kanker. Penyakit bisa menimpa dan mengerogoti tubuh kita karena ulah kita sendiri yang hanya memperturutkan keinginan perut untuk selalu makan enak, cepat saji dan kurang memperhatikan nilai gizi sehingga tanpa disadari lambat laun tubuh tertimbun banyak penyakit. Dari perjalanan kesehatan saya setahun ini akhirnya membuat saya semakin sadar akan arti pentingnya sebuah kesehatan dan untuk menjaganya perlu tekad yang kuat apalagi diusia yang semakin bertambah yang tentunya ketahanan tubuh juga semakin berkurang.

Diakhir penjelasannya dokter memberikan tips untuk dapat menurunkan kadar koleterol antara lain :

MelalukanMelakukan Diet
Konsumsi makanan yang rendah lemak dan kolesterol. Misalnya ; minum susu tanpa lemak dan mengurangi konsumsi daging, memilih makanan dengan kandungan lemak tak jenuh daripada kandungan lemak jenuh, mengurangi konsumsi makanan yang digoreng apalagi yang menggunakan minyak yang digunakan untuk menggoreng secara berulang-ulang karena dapat meningkatkan kadar kolesterol. Menggunakan minyak goreng tidak lebih dari dua kali menggoreng.

Banyak konsumsi makanan berserat
Lebih banyak mengkonsumsi makanan berserat seperti kacang-kacangan, sayur-sayuran dan buah-buahan, gandum. Jenis makanan ini dapat menyerap kolesterol yang ada dalam darah dan mengeluarkannya dari tubuh.

Mengkonsumsi antioksidan
Antioksidan banyak terdapat dalam buah-buahan seperti jeruk, strawbery, pepaya, wortel, atau labu. Juga bawang putih secara teratur juga dapat menurunkan kadar kolesterol.

Melakukan olahraga
Berolahraga secara teratur sesuai dengan umur dan kemampuan dan menjaga agar berat tubuh tetap ideal.

Hindari alkohol dan merokok
Dengan merokok atau mengkonsumsi alkohol, kolesterol akan mudah menumpuk dalam aliran darah.

*) tulisan ini diikutsertkan dalam Kontes Aku Ingin Sehat dari mbak Kakaakin, meski diujung waktu semoga masih dapat diterima🙂

30 Tanggapan to "Ku Ingin Jantungku Sehat"

thax infonya Umi ^^

maksih juga kunjungannya…

Terima kasih atas partisipasi Sahabat pada Kontes Aku Ingin Sehat. Sudah dicatat dalam daftar peserta🙂

maturnuwun sanget mbak akin..

Udah dicek juga ya mbak, terima kasih

ketika usia tak lagi bisa dibilang muda -seperti saya-🙂
dengan makanan pun jadi harus waspada

sama-sama sehat selalu ya

iya mbak harus selalu hati-hati mengkonsumsi makanan..Insya Allah semoga kita selalu sehat amin..

makanan yang masuk kebadanlah awal semua penyakit itu berasal yaa,,
mari kita hidup sehat🙂

setuju mbak…mari hidup sehat dan seimbang…

haduh,kalo saya suka minum kopi gimana mi?

Kalo masih dalam batas wajar gpp sih, yg penting jangan berlebihan dan nyandu🙂

Hani suka….ini mau cangkir yang ke-2😀

sekarang dah rutin berolahraga kok

sedj

harus itu..namun saya masih belum bisa rutin😦

mbak, sy baru tahu klo kuning telur mengandung kolesterol jahat😦 hmm, padahal suka telor. tapi mmg belum pernah cek kadar kolesterol. makasih ummu..

kalau masih dalam batas wajar gpp kok mbak, ga perlu khawatir yang penting seimbang, kuning telor banyak proteinnya juga kok baik untuk masa pertumbuhan anak-anak, namun jk yang sudah ada penyakit kolesterol dikurang konsumsinya…kira-kira begitu🙂

wah jantung, stroke..?
kemarin baru dapat kabar, saudara saya di jawa ada yang kena stroke dan sekarang lagi di RS,
mudah2an lekas sembuh..

semoga saudaranya lekas sembuh ya mamung …

Waduh Mbak….jangan-jangan Hani jg gitu dech….hadew….harus hati-hati sama makanan kayanya….banyak-banyak makan sayur ama ikan aja dech…Hani gak mau ah makan daging lagi…ngeri…

Dulu vegetarian, tapi udah beberapa bulan ini makan daging karena Bunda yang maksa katanya nggak baik kalau nggak pernah konsumsi daging….tapi takut ah setelah baca artikel Mbak…telur, kuning telurnya…ngeri…..

Salam sayang selalu Mbak…

Tidak perlu takut Hani sayang, itu jika berlebihan kok jika masih wajar mengkonsumsinya it’s oke, kecuali memang jika disarankan oleh dokter jika tubuh sehat-sehat saya ga masalah kok mau makan apa saja yang penting sehat dan seimbang OK…
Sayang selalu untukmu..

kebetulan suami saya juga punya kolesterol, terima kasih mba informasinya,,,yang terpenting sih jaga kesehatan dengan olah raga yang teratur,,, nice sharing,,,!😉

betul mbak, bagi yang sudah ketahuan kolesterol memang harus lebih menjaga dalam mengkonsumsi makanan…

jadi pingin cek kadar kolesterol deh, tips2 juga dicatat, setidaknya untuk mencegah kolesterol meningkat

sukses y mbk dg kontesnya🙂
Makanan yg bergizi memang investasi untuk tubuh

MBak Dina Thea : perlu kok mbak sekali-kali cek darah rutin n urin untuk sekedar mengetahui bahwa kita baik-baik saja tentang kadar gula, SPGT/SGOT (hati), kolesterol, asam urat dll…

Mbak wits : makasih mbak…

melalukan diet atau melakukan diet…coba dicek mbak🙂

Eh…iya salah ketik, makasih om koreksinya🙂

Jantung kita memang kudu diperhatikan dan dijaga ya Mbak🙂

semoga jantungnya bisa berfungsi kembali mbak,
sukses lombanya

Tinggalkan Balasan

Mutiara Kata

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (QS. Al-Baqarah: 216)
Februari 2011
S S R K J S M
« Jan   Mar »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28  

Archives

Top Rated

Blog Stats

  • 158,282 hits

Favorit link

