It's just my little's notes…

Tips Gigi Sehat

Posted on: Januari 17, 2011

Pernahkah anda mengalami sakit gigi, bagi yang belum pernah bersyukurlah dan tetaplah istiqomah untuk menjaga kesehatan gigi dan jangan pernah berharap untuk merasakannya … karena sakit gigi itu sakit banget dan semua menjadi serba salah, itulah yang pernah saya rasakan ketika sakit gigi tapi alhamdulillah sekarang jarang banget & harapan saya semoga tidak akan saya rasakan lagi. Bagi yang masih sering sakit gigi jangan membiarkan kuman-kuman itu kerasan digigi anda dan sampai membuat sakit gigi berkelanjutan.

Merawat gigi agar selalu sehat dan indah tidak hanya dilakukan dengan sekedar rajin menggosok gigi 2 kali sehari namun juga ada hal lain yang perlu diperhatikan dan dilakukan agar gigi tidak bermasalah, setidaknya itu yang saya bisa simpulkan dari beberapa informasi yang saya dapat dari Poli Gigi di Rumah Sakit PHC (Poliklinik Kantor) ketika saya sedang melakukan cek kesehatan disana.

Berikut cara menjaga kesehatan gigi dan info seputar gigi, penyebab dan pencegahan serta pengobatannya :

TIPS GIGI PUTIH DAN SEHAT :

1. Membersihkan (menggosok) gigi minimal 2 kali sehari pagi setelah makan dan malam sebelum tidur.

2. Sebaiknya makan makanan dan minum minuman yang tidak terlalu panas atau terlalu dingin agar gigi tidak mudah keropos.

3. Periksa ke dokter gigi secara teratur setiap 6 bulan sekali.

4. Rawat sebelum terlanjur menjadi rusak. Gunakan sedotan jika minum teh, kopi, minuman bersoda agar minuman tidak mengenai gigi secara langsung.

5. Perbanyak mengkonsumsi makanan sebagai pemutih gigi alami seperti buah dan sayuran : apel, wortel seledri.

6. Strawberry adalah pemutih gigi yang sangat spesial, caranya hancurkan strawberry kemudian tempelkan pada seluruh gigi dengan menggunakan jari, diamkan 1-2 menit kemudian gosok gigi hingga bersih.

7. Gunakan pasta gigi yang berperan sebagai pemutih, namun tentu butuh waktu yang cukup lama dan intensif untuk mendapatkan hasil maksimal.

GIGI BERLUBANG (KARIES)
Merupakan proses berlubangnya gigi karena metabolisme kuman rongga mulut dan sisa – sisa makanan.

Penyebab :
• Makanan manis
• Jarang membersihkan gigi
• Letak gigi yang susah dijangkau
• Cara menyikat gigi yang salah

Pencegahan :
• Berkumur setiap selesai makan
• Sikat gigi 2x sehari
• Edukasi tentang cara sikat gigi yang benar

Pengobatan :
• Ditambal
• Bila sudah tidak bisa dipertahankan maka harus dicabut.

KARANG GIGI
Merupakan lapisan film yang melekat pada permukaan gigi yang berasal dari sisa makanan.

Penyebab :
• Sisa makanan
• Susunan gigi yang tidak teratur
• Kebiasaan mengunyah satu sisi.

Pencegahan
• Sikat gigi minimal 2x sehari pagi sesudah makan dan malam sebelum tidur
• Berkumur tiap selesai makan
• Pemakaian obat kumur
• Pemakaian dental floss
• Mengubah pola kebiasaan mengunyah satu sisi ke dua sisi.

Pengobatan :
Scalling/pengobatan karang gigi

HALITOSIS / BAU MULUT
Merupakan gas hasil metabolisme kuman rongga mulut dengan sisa-sisa makanan.

Penyebab :
• Gigi berlubang
• Karang Gigi
• Hiposalivasi (kekurangan air ludah)
• Makanan dan minuman yang menimbulkan bau yang menyengat.

Pengobatan/Pencegahan :
• Menjaga kebersihan gigi, mulut dengan rajin menggosok gigi.
• Sikat lidah anda, karena permukaan lidah yang tidak rata memungkinkan adanya sisa makanan tersangkut.
• Sesering mungkin minum air putih, hindari kopi karena akan memperparah keadaan.
• Kunyah permen karet yang rendah gula untuk membantu produksi saliva.
• Periksa ke dokter gigi untuk mengobati gigi berlobang atau membersihkan karang gigi.

Disamping informasi diatas, ada pesan menarik yang terpampang didepan poli gigi :

Pernahkan anda menghitung berapa kali anda tersenyum dalam sehari?

Rawat & jaga kesehatan dan keindahan gigimu.

Tunggu apalagi…

Senyum indah telah menanti

26 Tanggapan to "Tips Gigi Sehat"

🙂 aduwh ummu, jadi inget…bulan ini bersihin karanggigi abis 125. hiks… tapi memang usai dibersihin terasa bersih. )* disikat kagak bersih-bersih umm….
🙂

sekarang bukannya sakit gigi, tapi sariawan, jadinya kalo gosok gigi malah sakit😦

qu dulu sering sakit gigi mbak, sekarang udah nggak .. hehehe

salam🙂

oo yes…
sekarang dah rajin gosok gigi kok
hehehe…

sedj

wah makasih infonya bu, sangat bermanfaat..
gigi geraham saya sudah lubang dua-duanya kanan kiri, ditambal dua-duanya..
nyesal baru sekarang kenapa dari dulu gak menjaga gigi tetap sehat..

kalo liat gravatar-nya mamung yang putih malah matanya, iya tho?:mrgreen:

ting ting, gigi saya putih lho, hehe. makasih infonya bu

Assalaamu’alaikum Ummu Rizka…

Didoakan selalu sehat dan sukses dengan kerjaannya di kanor juga di rumah.

Informasi yang sangat bermanfaat untuk selalu memelihara gigi dengan baik. Alhamdulillah, saya jarang sakit gigi sekarang kerana memang sakit gigi itu sangat nyeri rasanya. Wah… saya baru tahu jika buah strawberry begitu bermanfaat untuk memutihkan gigi.

Yang penting, pemakanan harus dijaga dan pastikan sesudah makan yang manis harus gosok gigi atau berkumur-kumur. Terima kasih mbak kerana sudah berbagi ilmu.

Senang dapat berkunjung kembali dan menyambung silaturahminya. Salam sayang selalu buat Mbak ari saya di Sarikei, Sarawak.

wah jadi ingat punya rencana mo ke dokter gigi nih, ada gigi yang kayaknya sih mulai bolong… makasih sudah diingatkan mi

Alhamdulillah…, ini info penting banget. Sungguh saya ucapkan banyak terima kasih. Dengan demikian, semoga kita dikaruniai gigi yang sehat. Sebab, betapa sakitnya sakit gigi itu….

klo sudah berlubang, gimana perawatannya??😦

digosok sakit, g digosok tambah sakit dan bau…
huft…

klo gigi palsu tuh gimana?
gigi berlubangku sdh tdk bs ditambal kata dokter yg nangani…

Kalo berlubang kata dokter harus ditambal, tp jk tdk bisa ditambal ya cabut aja om…apa advise dokter ajalah…smg giginya ga bermasalah lagi ya…

dicabut kata dokter jg bermasalah
klo dibiarkan jg bermasalah..
susah dokternya… huft

ummu,

saliva itu sebenarnya apa?

Saliva itu air liur or ludah🙂

Saya senang banget setelah jadi PNS, jadi bisa gratis ke dokter gigi😀
Sekalian mengingatkan… Bila Sahabat memiliki pengalaman berkesan yang berkaitan dengan masalah kesehatan, silakan ikuti Kontes Aku Ingin Sehat, hanya di Try2bcoolnsmart.

sedang dicoba mbak Akin smg bisa ikut kontesnya

Aku pernah gigi berlubang ditambal malah jadi sakit banget…
akhirnya dibongkar lagi….

hiks, sakit gigi emang serba salah…

jadi ingat iklan peps*d*nt….
bapak dan anak menghadap cermin
iklan kreatif yang pernah ada

*dan ini tulisan menarik yang pernah ada juga😀

huhuhu… gigi ku udah keburu bolong2… kenapa gak kemaren2 kaseh tau nya huhuhuuu…

infonya oke lho ummu… gigi sehat…:) gigi ku baru aja ada yang ditambal. huhuhu…salah cara menyikat sepertinya…

tipsnya lumayan jd tau bnyk tentang perawatan gigi…

Makasih tipsnya, sikat gigi teratur itu yang paling mudah.

tanks buat infonya,.. ^_^

assalamualaikum,,,
apa kbr ummu rizka,,sudah lama tidak berkunjung kemari ummu,,
iya nih ummu,saya belum coba tuh pke stroberi untuk membuat gigi putih,,enak ya abis dipake,,dimakan deh,,,hehehe,,,^^

Walah, stroberi kan mengandung gula….
Apa gulanya gak merusak gigi ya kalo dibegitukan?❓

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Mutiara Kata

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (QS. Al-Baqarah: 216)
Januari 2011
S S R K J S M
« Des   Feb »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Archives

Top Rated

Blog Stats

  • 158,282 hits

Favorit link

%d blogger menyukai ini: