It's just my little's notes…

Nikmat Lupa

Posted on: Desember 31, 2010

Dalam keseharian orang pasti pernah mengalami lupa, saking sibuknya orang bisa lupa makan, lupa istirahat, atau karena terburu-buru berangkat beraktifitas lupa membawa tas, dompet dan lupa-lupa lainnya.

Seperti saya juga sering mengalami lupa yang membuat saya menjadi kerepotan sendiri yaitu sering lupa menaruh kacamata minus saya, alhasil jika saya akan memerlukannya atau pas mau berangkat kerja saya jadi kelabakan kawatir terlambat ngantor gara-gara mencari alat penyambung mata saya ini 🙂

Meski kadangkala senewen sendiri karena sering lupa namun saya harus tetap bersyukur karena bagaimanapun lupa merupakan nikmat dari Allah yang diberikan kepada manusia. Bayangkan jika kita tidak mempunyai sifat lupa, semua peristiwa yang pernah kita alami akan terus menghantui kita, Jika peristiwa yang menyenangkan sih tidak begitu masalah karena akan membuat kita terus gembira namun apabila peristiwa yang menyedihkan dan tidak bisa melupakannya…wah akan repot tentunya karena kita akan terus dilanda kemurungan & kesedihan yang berkepanjangan yang bukan tidak mungkin bisa menyebabkan hal yang buruk seperti depresi, hilang ingatan, stress dsb.

Kenapa orang kok bisa lupa ya? Berdasarkan info dari kesehatan.kompas.com bahwa dalam susunan otak kita terdiri dari dua unsur sel yaitu :

Pertama : Sel neuron yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi yang bertugas mengantar informasi-informasi dari dan ke tubuh kita. Sel saraf inilah yang mengendalikan ingatan, perhatian, persepsi, pertimbangan, bahasa, dan kesadaran kita. Jumlahnya mencapai ratusan juta sel.

Kedua : Sel glia atau sel schwann, sel ini bertugas membuat selubung lemak untuk melindungi saraf dan memberi asupan nutrisi ke saraf.

Informasi-informasi yang masuk ke otak kadang-kadang tersimpan dalam saraf yang sama yang mengakibatkan informasi itu saling bertumpuk atau informasi yang masuk terdahulu tertutupi oleh informasi baru, inilah yang dinamakan lupa.

Sedangkan Yang Menjadi Penyebab LUPA antara lain :

Pertama : Karena kegagalan pada proses pengodean suatu informasi

Misalnya lupa menaruh dompet, hal ini bisa terjadi karena saat meletakkan barang dompet itu pikiran kita sedang tidak terfokus.
Jadi saat kita memasuki proses mengingat, saraf kita tidak bisa memberikan informasi letak dompet itu justru yang muncul adalah informasi yang kita pikirkan saat meletakkan dompet tadi. Pada tahap ini yang terjadi adalah proses mengingat berlangsung secara benar, tetapi informasi yang masuk salah.

Kedua karena informasi yang masuk ke saraf terlalu banyak

Contohnya saat belajar, disambi dengan melakukan kegiatan lain, seperti ngemil atau mendengarkan musik sehingga konsentrasi akan terganggu karena informasi yang masuk cukup banyak dalam waktu bersamaan.

Ketiga : Kegagalan fungsi otak

Otak tidak bisa menampung atau mengeluarkan informasi karena sel otak mengalami gangguan. Penyakit yang menyerang saraf biasanya mengakibatkan penurunan fungsi mengingat, penurunan daya ingat ini biasa disebut demensia.

Lalu Bagaimana Cara Mengatasi LUPA, menurut informasi dari Malindofm.com “penyakit” lupa bisa diatasi dengan cara antara lain :

Pertama Dengan memperhatikan asupan makanan, dengan tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak karena minyak bisa memicu terjadinya penebalan pembuluh darah yang mengakibatkan peredaran darah ke seluruh tubuh melambat yang akhirnya otak kita kekurangan persediaan darah, sehingga tidak dapat bekerja secara optimal, yang terpenting makanan yang kita makan mencakup 4 sehat dan 5 sempurna dengan menambahkan asupan vitamin B dan C, atau kombinasi keduanya.

Kedua Jangan terlalu fokus perhatian dan pikiran, karena jika kita terlampau fokus pada ketakutan, kecemasan dan pemikiran negatif secara terus-menerus, maka semakin sedikit pula energi otak yang dialokasikan untuk mencari informasi di otak.

Untuk mengatasinya bisa dengan menenangkan diri dan atur napas sambil terus berpikir positif, melatih kerja otak kita dengan memperbanyak latihan mengingat, seperti mengisi teka-teki silang atau bermain Sudoku atau cara lain yang lebih sederhana, yaitu mengingat huruf terakhir pada setiap plat kendaraan.

Ketiga Merutinkan olahraga
Melakukan olahraga secara rutin selain baik untuk jantung juga untuk memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh, terutama otak. Agar kerja otak bisa maksimal, maka kita perlu asupan oksigen yang banyak dari pompa arteri yang sehat. Jadi jika tidak ingin cepat pikun, rajinlah berolahraga seperti jalan cepat, joging, renang, bersepeda, dan aerobik berintensitas ringan kurang lebih 30 menit.

35 Tanggapan to "Nikmat Lupa"

wah good artikel, btw aku kalo sholat sering mengalami lupa/ragu dalam rokaat sholat jadinya sering sujud sahwi. apakah itu juga akibat dari demensia / apa?

mohon solusinya.

kalo itu kemungkinan karena kurang konsentrasi dalam sholat om, Insya Allah ketika sholat kita fokus dan kusyu’ tidak akan lupa rokaat ketika melakukan sholat..semoga tdk lupa lagi ya..

ya mungkin itu masalahnya. emang susah kalo sholat sebelumnya bnyak amanah yang masih menggantung. jadi kadang kebawa sholat. tp pernah aku coba fokus pada bacaan sholat tp malah jumlah rokaat yang lupa. bingung dah gue…(-_-!)

jadi harus banyak latihan mengingat om🙂

saya juga sering lupa naruh kacamata, mbak. biasanya kayak gini kejadiannya :
saya : mas, kacamata fey di mana yah? *srg sekali pertanyaan ini hadir :)*
suami : tuh di sana *menunjuk suatu t4*
ntah kenapa, suami selalu bisa menjawab pertanyaan saya yg satu ini. Alhamdllh😀

alhamdulillah ada suami yang selalu tahu kebiasaan istrinya, kalo saya yang biasa nunjukin anak2 sambil bilang …kebiasaan ni ummi lupa terus naruh kacamata..”🙂

kalau saya gampang lupa naruh dompet ama kunci motor…
padahal…dua benda itu senjata gw kalo mau kemana2…

kalo lupa memang ga ingat 🙂

Saat melihat blog ini, hampir saja saya LUPA. Perasaan mau buka blog Ummu Rizka, kenapa masih blog saya juga. Ternyata eh ternyata, theme blog kita samaan. Ya udah deh, nyambung dengan tema tulisan ini ^_^

kalau sedang nulis artikel saya malah kemana-mana, kadang nulis artikel plus ngoreksi pekerjaan siswa kadang sambil ngenet

Assalaamu’alaikum Ummu Rizka…

Salam terakhir buat 2010 dan huluran mesra tahun 2011.

Alhamdulillah, semoga kehadiran tahun baru akan menyemarak semangat kita untuk terus mengejar impian yang tertunggak di tahun 2010. Harapan yang tinggi untuk kita meneruskan kehidupan yang lebih bermakna di samping beramal dan melakukan ibadah dengan lebih berkesan.

Hadapi hari esok dengan lebih optimis dan tinggalkan hari kelmarin dengan teladan juga sempadan yang membuahkan kejayaan. belajarlah dari pengalaman lalu untuk mencipta sejarah masa depan.

SELAMAT TAHUN BAHARU 2011.
Salam mesra dari Sarikei, Sarawak.

*********

Mbak, informasi yang sangat bermanfaat untuk kita menggelak dari sifat lupa melalui cara pemakan yang baik dan jangan terlalu banyak tekanan yang mengakibatkan saraf kita menegang dan mengganggu proses keaktifan otak.

Betul betul betul,, Dengan lupa,,, itu tidak terlalu membenani pikiran(menurut saya sich he he)

Salam kenal dan salam semangat selalu ^^

met tahun baru 2011.tambah sukses selalu

elamat tahun baru
semoga sukses dan berbahagia selalu

kalo lagi lupa saya mengkonsentrasikan sejenak pikiran saya,,,kalo tetap lupa ya tunggu aja sampe inget lagi,,,^^

tapi memang kalo lg butuh tp lupa taroh dimana itu yg sulit,,,

paling top memang rajin olahraga ya mba,,,saya suka aerobic, jalan cepat, dan bersepeda (kebetulan ada sarananya di kantor, kalo di luar ga sempat…^^)

baner juga ya kalo kita nggak pernah lupa gimana ya kalo pas kita pernah mengalami kejaadian buruk yang kita tidak bisa kita lupain wah bisa gawat

ummurizka… 😉
saya datang … mengucapkan Selamat Tahun Baru 2011 …
semoga kita sukses selalu dan senantiasa dlm lindungan-NYA.Amin!

harus dipraktekan🙂
Salam kenal ya …:)

dan akupun lupa… sudahkah pernahkah aku berkunjung di sini…🙂 dah lama absen niih… link ku ternyata dah nangkring disini…
maaf ya… aku cek link umm duyu… 😀

Kalau lagi puasa
Trus lupa
Oh itu rejeki katanya😀

namanya juga lupa …mo diapain ajah juga lupa hehehehe

Bagus..bagus..baguss
Alhamdulillah, aku termasuk jarang lupa dengan barang, tapi kalau pelajaran dan nama orang sering lupa

Paling asyik kalau sedang puasa terus lupa makan…
sungguh sebuah nikmat dari Allah yang sungguh membahagiakan

Untung istriku selalu lupa akan keburukan2ku….ini bagian nikmat juga..

_*Backpacker ala Imam Bukhari*_ di http://maknasahabat.wordpress.com

alhamdulillah yg diinget kebaikan2nya terus ya, memang seharusnya seperti itu kepada pasangan kita masing2, salam buat istri ya pak…

memang bener itu ummi… lupa termasuk bagian dari nikmat. apalagi kalau lagi puasa, trus lupa. hihihi…

tapi, kalau sholat lupa rakaat, tampaknya disebabkan kita sedari awal tidak menyiapkan diri untuk menghadap Allah SWT. Tapi sekedar menjalankan kewajiban/rutinitas saja. Semoga bisa selalu mempersiapkan diri saat sholat.

btw, awardnya belom diambil nih umm…

Assalaamu’alaikum UmmuRizka…

Ke mana aja nih mbak, belum muncul dengan posting barunya. Apa masih sibuk dengan urusan anak2 ke sekolah pada awal tahun ini. Ayuuh mbak, menulis dan berbagi untuk menfaat bersama. jangan lupa ya. ditunggu postingnya.

Salam sayang dan rindu selalu dari saya.

Mw klik ‘like’ tpi ga bsa pke hp c ini :p
Sebenernya ada jga nikmat lupa, kejadian ga ngenakin bsa dilupain hehehehe…tpi pda dasarnya aku emang pelupa hehehehe…

Wah, saya sering lupa neh,,
boleh dicoba nih resepnya..
Makasih banyak Ummu..

Lupa aja ternyata membawa berkah ya mbak🙂

UHO~ Uho~ wah infonya bagusssss. Biar ga cepet lupa sih katanya mengingat dg otak kanan. Kebanyakan dari kita menggunakan cara mengingat otak kiri yang merupakan short-term-memory. Jadi cepet lupa, katanya sih begitu😀

Wah… ternyata asupan tinggi lemak bisa menyebabkan LUPA ya…😀
Berati say harus mengurangi makan makanan berlemak nih😀

keren ulasannya ummu
jadi inget kalo ada yang kulupakan kemaren😀

lupa ngapdet tulisan, jadinya gak enak, hihihi..

namanya juga lupa…..diapain ajah ya tetep ajah lupa ……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Mutiara Kata

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (QS. Al-Baqarah: 216)
Desember 2010
S S R K J S M
« Nov   Jan »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Archives

Top Rated

Blog Stats

  • 158,282 hits

Favorit link

%d blogger menyukai ini: