It's just my little's notes…

Nasionalisme

Posted on: Desember 30, 2010

Event pertandingan sepak bola piala AFF baru aja selesai, Malaysia yang berhasil menjadi juaranya dan Indonesia harus puas menduduki posisi runner up. Ditengah euforia pertandingan sepak bola kali ini saya melihat sisi lain dari event ini.

Dari sejak semi final hingga menjelang final pertandingan sepak bola tanggal 29 Desember kemaren terlihat banyak antusiasme dari bangsa Indonesia mulai dari warga masyarakat, para pejabat hingga artis-artis demi mendukung timnas untuk menjuarai dan mampu menggondol piala AFF tahun 2010.

Dari Tribunnews.com

Wujud rasa nasionalime yang tinggi dari rakyat Indonesia terlihat ketika mereka rela merogoh kocek mereka untuk membeli tiket yang lumayan mahal, rela datang dari luar jawa (yang tentunya harus mengeluarkan biaya yang lebih banyak lagi) untuk menonton secara langsung, rela berdesak-desakan bahkan sampai hilang kesabaran dan membobol pintu pagar stadion demi mendapatkan tiket karena lambannya pelayanan panitia pembelian tiket, juga rela tidur dihalaman luar stadion agar bisa lebih awal membeli tiket dll.

Dilingkungan tempat saya tinggal, wujud rasa nasionalisme itu juga terlihat, nampak dari banyaknya warga masyarakat yang membeli custom bola (dengan design yang cantik juga warna yang menarik ; merah, putih dan hitam) seperti kaos, celana, jaket dan bendera kecil-kecil yang dijual oleh pedagang musiman di pinggir jalan hampir di semua jalan utama dan di pasar baju, meski dengan harga yang relatif mahal mereka tetap membelinya.

Rasa nasionalisme yang tinggi dari rakyat Indonesia tidak diragukan lagi demi sebuah kehormatan, harga diri bangsa dan kebanggaan mereka terhadap negara ini melalui dukungannya dalam event olahraga.

Oleh karena itu rakyat Indonesia patut mendapatkan apresiasi yang tinggi karena mereka sangat mencintai tanah airnya semoga rasa ini juga kuat terpatri dalam diri rakyat Indonesia demi membela agamanya yang Haq.

13 Tanggapan to "Nasionalisme"

saat-saat dimana nasionalisme kita bener-bener “keliatan” ya Mi!😀

salut pada rasa nasionalisme bangsa ini
salut pada pemain timnas, berjuang tak kenal lelah
salut pada para supporter, mendukung sepanjang laga
muak pada rezim PSSI, terkutuklah mereka..

sedj

nasionalisme di negara ini sebnarnya udah bagus sih
tapi bagusnya itu pas cuman ada acara bola
coba kalo bola ini udah gada
pasti nasionalismenya bakal sedikit berkurang

sayang banget indonesia semalem ga juara
semoga tahun mendatang indonesia juara

harapan saya semoga nasionalisme ini terwujud dalam bidang apa saja bukan dalam hal olahraga saja, namun juga dalam hal lainnya terutama membela dalam dinullah meski nyawa taruhannya.

Nasionalisme mungkin iya, tapi bisa juga karena mereka cinta bola. Tahu kan apa yang bisa di lakukan orang yang tergila-gila sama bola?? Rela melakukan apa saja!!

Saya tak suka bola, tapi mendukung, pasti iya!!😀

betul sih, tapi yang ga gila bolapun juga turut mendukung kemenangan indonesia..

Semua pasti punya rasa nasionalisme ya Mbak,,
namun perwujudannya bedha-beda..
semoga kita bisa selalu menjaganya ya mbak..

OOT: link-nya mbak udah kupasang di blogku..

ya semoga dalam bidang apapun nasionalisme kita tetap terjaga..mksh kunjungannya…ni link mbak juga dah saya pasang.

Nggak nonton,Mbak….

saya juga ga nonton, saya lihat dari beritanya aja..dan tertarik untuk mengulas tentang hiruk pikuk warga indonesia yang kesihir acara pertandingan bola ini…🙂

…imbasnya org rame2 minta NH ‘dipecat’!

Menurut survey LSI nasionalisme RI sangat tinggi
Kita percaya

nasionalisme ya???
hmmm….
:-s
kayaknya hrs melepas nasionalisme dulu deh untuk memperjuangkan Agama yg Haq.
sebagaimana Rasulullah dan para sahabat melepaskan kefanatisan suku dan tanah air mereka demi kemuliaan yg lbh utama dan menjanjikan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Mutiara Kata

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (QS. Al-Baqarah: 216)
Desember 2010
S S R K J S M
« Nov   Jan »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Archives

Top Rated

Blog Stats

  • 158,282 hits

Favorit link

%d blogger menyukai ini: