It's just my little's notes…

Sosis Solo

Posted on: Desember 2, 2010

Berawal dari rasa kangen sama makanan yang satu ini … Sosis Solo….yang sudah cukup lama tidak menikmatinya, juga karena di Semarang susah banget mencarinya, jika adapun tidak seperti aslinya karena lain cara memasaknya…kalau yang asli dari Solo dengan cara dikukus namun yang dijual di Semarang dengan digoreng dan rasanya juga lain.

Terpikir untuk membuat sendiri, namun gimana ya cara masaknya, perlu membuka kamus dulu ni…. setelah mencari-cari di kliping kumpulan resep-resep makanan yang ada dilemari buku… akhirnya saya temukan juga resepnya di majalah ummi edisi 02 Juni 2009.

Dari resep yang ada, mulailah saya membuatnya … tak ketinggalan anak-anakpun ikut membantu🙂 , biar tidak ribet saya bagi deh tugasnya ummi yang membuat bumbu dan isi sosis, mas ganteng dan adek lucu yang mengocok telor sedangkan kak Rizka yang menggulung sosis mentah…. hmm anak-anak terlihat sangat antusias dan gembira melakukannya, karena ada motivator disamping mereka ya ada abah yang selalu menyemangati mereka 😆 dan dalam waktu kurang dari 1.5 jam, sosis solo yang lezat siap dinikmati…..yam-yam enak dan lezat sosisnya alhamdulillah akhirnya kesampean juga menikmati makanan ini.

Bagi yang pengen mencoba membuat Sosis Solo sendiri, ini dia resepnya :

Bahan isi kulit :
– 6 butir telor ayam kocok lepas
– 150 ml santan dari ¼ butir kelapa
– ½ sdt garam
– Minyak goreng untuk olesan

Bahan kulit isi :
– 250 gram daging sapi giling
– 1 butir telur
– 5 sdm santan kental

Bumbu halus :
– 5 butir bawang merah
– 2 siung bawang putih
– ½ sdt ketumbar
– 5 butir kemiri, sangrai
– sedikit jinten
– ¾ sdt garam
– ½ sdt gula pasir

Cara membuat :
1. Aduk rata bahan kulit, dibuat dadar tipis.
2. Aduk rata bahan isi dan bumbu halus.
3. Ambil selembar dadar beri isi lalu lipat dan gulung.
4. Kukus selama 20 menit sampai matang dengan api sedang.
5. Angkat dan sajikan, nikmati selagi hangat.

bisa untuk 15 -20 buah (tergantung besar kecilnya sosis)

25 Tanggapan to "Sosis Solo"

wah… sosis solo😯
Rasanya saya baru sekali makannya… Enak banget😀
Ijin copy resepnya ya, insya Allah pengen nyoba juga kalo sempat…🙂

serbu…..Makasiih ummu Rizka…..
hii…mi cobain deh…wah kayake enak nih dikasih parutan keju..(~_*)……haduhw…keju mulu….(!_!)

Wah … bikin ngiler aja nih …

iya Bang,… saya juga ngiler..
sampe mengucur-ngucur ludahnya
hehehe…

sedj

hmmm…. perlu dicoba..
*catet*😀

Langsung ngiler……..dan pasti laper…….

wehhh bikin ngiler aja nih…
btw boleh dipesen hehe🙂

yummy,,, udah lama ga nyobain,,
dan perlu dipraktekkan nih, tq share resepnya🙂

Assalaamu’alaikum Mbak Ummu Rizka

Subhanallah… pagi2 main kemari sudah ada hidangan lazat terhidang. kalau mbak yang masak, saya tidak pernah menafikannya. pasti lazat dan sedap.

Saya copas deh mbak, biar sosej Solonya sampai ke Sarikei, Sarawak, Malaysia. Insya Allah saya akan coba dan akan saya kongsikan di blog saya nanti kalau sudah dicoba.

Trims ya mbak. Sukses.
Beruntung sekali anak2 yang punya ibu seperti mbak kerana rajin di dapur dan masak2 untuk mereka. kalau saya, dibilang anak2 sebagai chef nomor 2 di Malaysia… hehehe.

Salam sayang dan rindu selalu buat mbak di sana.
Selamat berlibur di penghujung pekan ya.😀

Selamat pagi……

Mumpung masih pagi……pingin nyicipin Sosis, heeee

bedua y dek .. hehehe🙂

qu gak bisa bikin ,tapi maem bisa .. hehe🙂

akhhhhh… jadi pengen gigit..

uuuh bikin laper abis pasti ennnnak.

wah pasti sangat nikmat..

wowww …. tim sosis solo yg kompak …😉
hasilnya pasti dah … *ngiler.com …
btw mantappp sedapnya …😀

waah keliatannya enak nih😀

ummu pandai sekali mengajak anak-anak berkreasi di dapur ya, menu dan kreasinya mau kucoba juga ah dengan mengajak keponakanku ^^

waaaaah enak kayaknya umm.. dicatat ahhh…eksperimen selanjutnya nih. *dijamin habisnya lebih cepat dibandingkan bikinnya* :))

klo setiap pagi mampir ke blog ini kayaknya ga perlu sarapan lagi dech…. kan udah ada suguhannya😀 hehehe

Kayaknya enak banget tuh mba…
*ngiler

Aduh aduh makanan, slurphh..kebeneran di kosan gak ad makanan nih. sosis solo enak kayaknya klo ada di mari, hehe.

tar di coba ah, tapi orang lain yang buatin, ak yg ngabisin😀

[…] dengan Bu Edratna, Pak Mars, Mbak Monda, Mbak Anna, Mbak Akin, Bunda yang tidak pernah khawatir, Ummu rizka dan teman-teman yang lain yang tercantum di halaman khusus teman. Isi di halaman itu memang […]

enak pastinya nih…mau coba bikin ah,,,

Belum pernah tahu sebelumnya.
Saya mau coba, terima kasih infonya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Mutiara Kata

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (QS. Al-Baqarah: 216)
Desember 2010
S S R K J S M
« Nov   Jan »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Archives

Top Rated

Blog Stats

  • 158,282 hits

Favorit link

%d blogger menyukai ini: