It's just my little's notes…

Peduli Kita Untuk Mereka

Posted on: Oktober 28, 2010

Bangsa Indonesia saat ini sedang berduka, musibah beruntun menimpa negeri tercinta ini, belum hilang rasa duka dan belum kering air mata karena banjir di Wasior Papua awal Oktober kemaren, kini musibah datang lagi …. banjir mengepung ibukota, gempa dan tsunami mengguncang Mentawai disusul meletusnya gunung merapi di Sleman Jawa Tengah yang menimbulkan banyak korban meninggal dan hilangnya harta benda sehingga menambah panjang kesedihan dan kepedihan yang kita rasakan.

Ada yang mengusik batin saya dalam 3 hari ini mulai hari senin malam hingga hari ini, disaat musibah beruntun menimpa Saudara-Saudara kita di berbagai wilayah di Indonesia yang membuat kita sebagai saudara sebangsa dan setanah air juga merasakan kesedihan mereka, adalah di beberapa stasiun TV menanyangkan secara langsung (live) acara panggung lagu-lagu pop (semacam tangga lagu indonesia) yang ditonton oleh para remaja dengan riang gembira. Sungguh pemandangan yang sangat kontras disaat saudara –saudara kita sedang meregang nyawa, menahan lara, berkeluh kesah dan kehilangan saudara serta harta bendanya namun ada sebagian orang yang justru bersenang-senang seakan tidak ada kejadian apa-apa. Saya tahu acara itu mungkin sudah terlibat kontrak namun dalam suasana darurat seperti sekarang ini disaat bangsa kita sedang berduka tidak ada salahnya untuk beberapa hari acara tersebut ditiadakan/ditunda demi menghormati mereka yang tertimpa musibah dan sebagai tanda turut berduka cita.

Televisi merupakan media tepat dan efektif untuk dapat mempengaruhi para pemirsanya, alangkah baiknya ketika terjadi musibah-musibah seperti ini televisi menanyangkan acara yang lebih menggunggah empaty dan mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap musibah yang terjadi dengan melakukan upaya nyata misal menjadikan acara live tersebut untuk menggalang dana, melakukan doa bersama, membuat acara yang menimbulkan sense of empaty kepada mereka yang menderita.

Saya salut kepada sekolah dasar dan para siswa-siswinya (saya lupa daerahnya kalau tidak salah di Jawa Timur) mereka patut diacungi jempol, mereka menggelar acara doa bersama, sholat ghoib dan menggalang dana untuk para korban pada musibah ini.

Adalah orang yang beriman jika ada saudaranya yang sakit ikut merasakan sakitnya, sebagai sabda Rasulullah :

“Anda lihat orang-orang yang beriman itu dalam kasih mengasihi, saling cinta mencintai dan saling tolong menolong seperti sebatang tubuh, kalau ada salah satu annggota yang terkena penyakit seluruh batang tubuh ikut menderita tidak dapat tidur dan menderita panas” (HR Bukhori 1701)

Ketika belum bisa berbuat lebih banyak terhadap saudara – saudara yang tertimpa musibah, minimal doa tulus untuk mereka sebagai wujud kepedulian kita.

“Ya Allah ampuni segala dosa-dosa kami, ampunilah dosa-dosa saudara kami yang sedang terkena musibah, ringankanlah beban mereka, dan jadikan mereka orang-orang yang sabar dan berserah diri kepadaMu amin.. doa tulusku yang terlantun untuk saudaraku yang berduka.

sumber gambar : qitori.wordpress.com dan debachritz.blogspot.com

21 Tanggapan to "Peduli Kita Untuk Mereka"

Banyak cara untuk mmbantu mereka yang terkena musibah.. Minimal doa kita panjatkan buat mereka. Amiin

betul kita dukung solidaritas, duka mereka adalah juga duka kita..

kalau acara TV seperti yg begituan sepertinya udah g bisa diubah kang, meskipun ada bencana, hehe. namanya jg negara demokrasi dengan penduduk 240an juta yg tiap kepala punya keinginan sendiri2. salam

Kalau melihat saudara sdang susah dan kita senang-senang memang kaya gimana gitu yah, Mbak…miris, hati teriris🙂

Semoga hari-hari kita penuhkasih🙂

miris😦
mudah2an mereka dibri ketabahan,,amiin

semoga bencaia cepat berkahir

Betul kak, seharusnya kita sesama muslim harus bisa ikut merasakan kepedihan yang juga mereka rasakan. Bukankah Rosululloh SAW sendiri pernah bersabda bahwasanya orang muslim yang satu dengan yang lainnya itu ibarat satu tubuh dimana jika salah satu tubuh itu mersakan sakit, maka yang lainnya pun akan terasa sakit.

semoga dengan doa saja pun kita dapat membantu meringankan duka mereka ya ummu🙂

ayo blogger bergerak..🙂

Kita bisa
tak sekedar menirim do’a

Mari berbagi!🙂

kunjungan pagi sob…
bis giliran ronda nich😀 hehehe….

turut berduka cita atas semua bencana yang sedang menimpa saudar” kita. semoga mereka diberi upah yang setimpal dengan kesabarannya, Amin😀

Assalaamu’alaikum sahabatku…

Setiap kepedihan yang mereka rasai, akan kita rasai bersama. Menghulurkan bantuan untuk meringankan beban tentu menjadi harapan buat mereka yang kehilangan segala-galanya.

Semoga ramai yang sudi membantu memberi kebahagiaan membalut luka di hati walau hanya dengan doa dari hati ke hati.

Saya turut simpati dan empati atas apa yang menimpa sebahagian rakyat Indonesia dalam tragedi dan musibah yang berlaku beberapa hari yang lalu. Semoga diberi ketabahan untuk melalui semua itu. Amiin..

Salam seindah suria buatmu, UmmuRizka.😀

mari kita peduli sesama

Kalo acara di tv gak bakalan di tunda,, mereka gak mau rugilah .. turut berduka atas musibah yang menimpa negri kita ini.

ikut merasa duka atas saudara kita yang tertimpa bencana

kalau kita sama2 berdoa, pray for Indonesia, apa Tuhan kagak denger 200 juta + suara Indonesia?

Berserah diri, yakin setelah kesulitan apsti ada kemudahan…

luar biasa pokoknya……. solidaritas yang nyampe ke jogja buanyak bgt…….

mahasiswa turun kejalan bukan lagi untuk demo….
tpi pada bawa kotak wat penggalangan dana……

Semoga Allah SWT memberikan perlindungan dan kekuatan kepada para sahabat yang tertimpa bencana dan semoga negeri ini tidak lagi ditimpa bencana beruntun seperti ini.

Aku dan keluarga hanya bisa memberikan sumbangan do’a dan sedikit materi melalui post peduli yang ada dikotaku.

terimakasih kepada para sahabat blog, kepedulian kita baik materi, tenaga maupun doa meski sedikit amat berharga bagi saudara kita yang sedang terkena musibah.

Allah punya rencana lain yang terbaik untuk umat-Nya….semoga bisa mengambil hikmah dari semua ini…sabar dan tawakal wahai saudaraku….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Mutiara Kata

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (QS. Al-Baqarah: 216)
Oktober 2010
S S R K J S M
« Sep   Nov »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Archives

Top Rated

Blog Stats

  • 158,282 hits

Favorit link

%d blogger menyukai ini: