It's just my little's notes…

Belajar Di Tengah Kesibukan

Posted on: Oktober 15, 2010

Bagi yang sudah tamat sekolah apalagi yang sudah sarjana dan dalam kesehariannya mempunyai segudang aktifitas yang menyita banyak waktu seringnya belajar merupakan hal yang terabaikan, terkecuali bagi pengajar, penceramah dan orang yang bergerak dalam penelitian, pasti akan selalu belajar dan meningkatkan wawasan /ilmunya karena dunia semakin berkembang.

Terabaikannya menambah ilmu lebih sering terjadi pada ibu-ibu rumah tangga yang biasanya tenggelam dalam pekerjaan mengurus anak dan rumah, terlebih lagi pada ibu-ibu yang bekerja waktunya tersita untuk mengurus rumah, anak dan urusan pekerjaan. Bisa jadi yang menjadi penyebabnya bukan karena malas namun karena kurangnya waktu dan lebih sering karena terjebak dalam rutinitas sehari-hari.

Terus terang saya juga sering kewalahan membagi waktu agar semua kegiatan harian saya (diluar ibadah fardhu lho.. karena kalau yang ini wajib dilakukan dan merupakan prioritas utama 🙂 ) bisa terhandle dengan baik mulai dari mengurus rumah, mengantar anak sekolah, pekerjaan dikantor, membimbing anak-anak belajar dan kegiatan lain dilingkungan rumah sehingga kadang-kadang kehabisan waktu untuk menambah ilmu misal hanya sekedar untuk membaca buku / majalah.

Namun demikian bukan berarti tidak bisa dilakukan, tergantung bagaimana memanage waktu agar semua pekerjaan bisa selesai dan ilmupun tetap bisa kita dapatkan karena menuntut ilmu itu hukumnya wajib sebagaimana hadist :

Menuntut ilmu wajib atas tiap muslim (baik muslimin maupun muslimah). (HR. Ibnu Majah)

Disamping itu banyak manfaat yang didapat dengan banyak ilmu, antara lain bagi seorang ibu akan mampu membimbing/mendidik anak-anaknya dengan pola asuh yang baik dan benar menurut ilmu agama maupun ilmu dunia karena seorang ibu merupakan madrasah bagi anak-anaknya, akan merasa PD (percaya diri) ketika bergaul di berbagai kalangan, tidak menjadi orang yang bodoh yang mudah dipermainkan orang lain, juga Allah akan meninggikan beberapa derajat bagi orang yang menuntut ilmu.

Niscaya Allah akan meninggikan beberapa derajat orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat (Qur’an Al mujadalah 11)

Ada beberapa kiat untuk bisa selalu belajar ditengah kesibukan yang saya dapatkan dari buku agenda muslimah, kiat ini bermanfaat banget buat saya mudah-mudahan juga untuk sahabat, ini dia kiatnya :

Pertama Luangkan dan tentukan sejumlah waktu dalam sehari untuk belajar dirumah, cara ini menuntut disiplin yang tinggi dan niat yang kuat untuk melakukannya.

Kalau saya biasanya menyempatkan diri membaca buku / majalah meski sebentar ketika menjelang tidur malam atau ketika dikantor pas tidak banyak pekerjaan.

Mungkin bisa saya tambahkan belajar disini tidak mesti melulu membaca buku atau majalah, namun bisa juga dengan membaca artikel-artikel bermanfaat di internet (jika ada fasilitas), termasuk membaca tulisan sahabat blog🙂, juga bisa dengan membuat tulisan, karena dengan menulis biasanya memerlukan banyak referensi untuk menambah bahan tulisan, ngeblog bisa sebagai salah satu cara juga lho untuk belajar.

Kedua Tidak membiarkan kekosongan menemani pada saat mengerjakan pekerjaan rumah, misalnya pada saat menyapu rumah, mencuci, memasak ataupun menyeterika sambil mendengarkan radio yang menyiarkan acara bermanfaat seperti ceramah/pengajian, tip-tips, dialog yang membahas isu yang sedang berkembang, pola pengasuhan anak yang baik dan benar dan lain-lain yang bermanfaat dan jika sedang mengasuh anak bisa dengan membaca koran atau majalah.

Ketiga Ikut pengajian minimal 2 pekan sekali, disamping mendapat ilmu juga untuk refreshing bisa bertemu dengan banyak teman.

Keempat Melakukan silaturahmi ke rumah teman yang sholeh / banyak ilmu, selain untuk menguatkan tali persaudaraan juga menimba ilmu darinya.

Kelima Memiliki perpustakaan pribadi, dengan banyak buku-buku dirumah memacu kita untuk selalu ingin membacanya, juga banyak mengkliping jika ada menemukan artikel menarik dan bermanfaat..

Keenam Banyak bertanya atau berdiskusi dengan suami, kakak , saudara atau orang tua ditengah-tengah obrolan santai dengan keluarga.

Ketujuh Membuat jadwal rutin (misal seminggu sekali diakhir pekan) pengajian khusus untuk keluarga, yang mengisi kultum bisa suami, diri kita sendiri ataupun anak-anak, selain untuk mengakrabkan anggota keluarga juga memacu kita untuk belajar dan berlatih berkomunikasi yang dimulai melalui lingkup kecil yaitu keluarga kita.

Sharing sederhana ini semoga bermanfaat dan kepada sahabat blog mungkin ada kiat lainnya, ditunggu sharingnya😆

sumber gambar : candra.wordpress.com

29 Tanggapan to "Belajar Di Tengah Kesibukan"

Mau dapet ilmu? Bacalah buku dimanapun dan kapanpun kita berada.🙂

step step yang berguna…
bisa nehh di praktikan,,,heheheh

Rfr_verosiga

iya yah mbak..kadang kegiatan rutin bikin kita lupa untu menambah ilmu..

yuukk biasain baca buku..🙂

jadi teringat kalimat di about yang dibuat saat mata ngantuk.

“manusia bukan tua karena umur yang terus bertambah manusia menjadi tua ketika ia berhenti belajar

salam…

stepnya buat ibuibu yah..

membuat sesuatu hal yg rutin itu yg susah😦

setiap sesuatu yg kita alami dan saksikan adalah sebuah bahan yang bisa dijadikan pelajaran oleh kita!
so, tetaplah memiliki jiwa belajar dimana pun kita berada😀

Untuk para suami, ayo bantu istrimu membereskan pekerjaan rumah agar bisa memiliki waktu luang untuk belajar. Tentu para suami akan senang bila memiliki istri yang pintar.

siiplah bune.. belajar memang perlu bagi siapa saja

wah suatu tips belajar sepnjang hayat dalam keluarga.
bahasa kerennya long life learning… hmmm. nice tips

sepakat….
tulisan ini menginspirasi untuk terus belajar
semoga bisa meluangkan waktu untuk membaca
setidaknya, itulah belajar di sela kesibukan kita
salam sukses…

sedj

Assslmlkum, Nice writing. Sy mngikuti artikel di atas, utk blajar trkadang di lingkungan sekitar kurang kita prhatikan, pdhal itu adlah sarana yg luar biasa wlpn ssibuk apa pun kita, Salam🙂

Asslmlkum, Nice writing sy mngikuti artikel di atas, wlpn di lingkungan kerja di manapun itu kita msh bisa blajar jg, baik dri tmn kerja, atasan, dan tempat itu jg (bgi yg udh krja) Salam🙂

never too old to study🙂

Nice postingan nih, yg paling mantep memang baca buku biar dpt ilmu mah. Terus mungkin coba hal lain yang baru, aktivitas baru, hobi baru dll, insyaAllah bisa sangat bermanfaat, amin..hehehe

Memang benar, buku adalah sumber pengetahuan🙂

Assalaamu’alaikum UmmuRizka…

Subhanallah… sungguh baik sekali postingan mbak kali ini. saya sangat terkesan akan kesungguhan mbak mengajak teman pembaca mengisi masa kesibukan dengan mencari ilmu melalui apa sahaja caranya. Sebagai pencinta ilmu dan tentu sekali tidak mahu terlepas apa sahaja yang menarik dan menjadi tarikan dalam hidup, tidak akan melepas peluang untuk mengisi masa sibuk dengan membaca dan mendengar.

Kebiasaan saya dalam ruang sibuk masih menyempat diri untuk membaca bahan di internet sama ada melayari blog2 sahabat, berita semasa ataupun menonton tivi dan mendengar radio. kayaknya sama aja aktivitas kita, mbak. Mungkin itulah cara paling mudah untuk mendapat ilmu dalam ruang waktu yang terbatas.

Terima kasih atas kongsian hikmah yang bermanfaat. Selamat menambah ilmu. Salam sayang dan rindu selalu dari saya buat mbak di sana.😀

Subhanallah tips-tips yang luar biasa untuk bisa diterapkan sehari-hari. Ternyata belajar itu ndak mahal bahkan sangat murah dan mudah.

maaf nih baru bisa mampir-mampir

saya selalu salut dengan orangorang yang bisa menulis tips dengan step2nya ummu
keren🙂

ada kalanya baca buku tuh suka pilih2, kalo menurut saya menarik, baru deh dibaca, bagus ga yah?

Hidup memang harus terus belajar, gak ada pernah berhenti untuk terus belajar🙂

sepakat … belajar itu tidak mengenal batas waktu. selama kita masih diberikan nikmat nafas dalam kehidupan, maka selama itu pula kita wajib untuk belajar … tidak harus baca buku! banyak cara belajar untuk menjalani hidup yang lebih baik …
terima kasih tipsnya, kak …

Semoga persahabatan kita tidak lekang oleh waktu dan tidak terbatas oleh ruang

benar ummu, jadi ibu itu juga harus melek info. saya lihat dari tante dan ibu saya. tante saya anaknya 4, urusan pekerjaan rumah tangga dihandle sendiri tanpa pembantu. untuk menambah ilmu disaat istirahat beliau membuka internet lewat hp. sedangkan ibu saya disaat istirahat menyempatkan melihat berita tv dan membaca koran🙂

salam kenal,
Ica Puspita

masih sibuk belajar yach!
blon sempat update juga nich😀

salut ama si mbak, ditengah kesibukan menyempatkan diri untuk belajar

Sama dengan keadaan ku, sibuk kerja ngurus rumah, kelar2 udah malam udah capek, tapi untung punya sahabat blogger yang harus di kunjungi, hingga ku bisa melanglang dunia .. hehe ..

Mbak….

Aku terlalu sibuk bekerja, sehingga baca postingan Mbak aja sampai 3 hari, suer!
Karena Hani lihat panjang, jadi tetep dech kebuka di browser, baca dikit tinggal kerja akhirnya hari ini tamat…..

Kayanya harus belajar memanage waktu ni, ya???

Gpp heni, alhamdulillah masih terbaca..syukron ya, ngeblog …namanya juga untuk selingan dikala senggang he…🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Mutiara Kata

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (QS. Al-Baqarah: 216)
Oktober 2010
S S R K J S M
« Sep   Nov »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Archives

Top Rated

Blog Stats

  • 158,282 hits

Favorit link

%d blogger menyukai ini: