It's just my little's notes…

Kebaikan Mengucapkan Basmallah

Posted on: Oktober 11, 2010

Setiap muslim sudah tentu sering mengucapkan basmalah atau doa dalam kesehariannya seperti pada saat melakukan sholat maupun setiap akan memulai aktifitas kebaikan. Kenapa seorang muslim mesti mengucapkan basmalah atau doa karena ternyata ada banyak keutamaan didalamnya yaitu agar apa-apa yang dilakukan mendapatkan berkah dari Allah SWT.

Hal itu dapat dilihat dalam hadist :

Setiap urusan yang baik yang tidak diawali dengan bismilahirrahmanirrahim maka tidak akan mendapat berkah (HR. Abu Daud dihasankan oleh Ibnu Shalah).

Selain itu ada 3 kebaikan yang dihasilkan apabila dalam memulai segala aktifitas didahului dengan mengucapkan basmalah ataupun doa antara lain *) :

Pertama, akan terjaga dari setan, karena dengan menyebut nama Allah akan mendorong seorang mukmin mempertimbangkan apakah ia dibenarkan mengaitkan nama Allah dengan niat dan perbuatan yang buruk.

Kedua, dengan menyebut nama Allah, akan timbul pada dirinya sikap yang benar dan membawa dirinya ke arah yang benar.

Ketiga, akan menerima pertolongan dan ridho Allah serta akan dilindungi dari godaan syaitan, karena Allah menerima perbuatan seorang mukmin bila ia beribadah kepada-Nya.

Dalam hadist riwayat Abu Hurairah diceritakan tentang dialog antara setan yang menggoda orang mukmin dan setan yang menggoda orang kafir. Ternyata setan yang menggoda orang kafir rambutnya berminyak, gemuk dan kekar sedangkan setan yang menggoda orang mukmin kurus, kusut, kotor dan telanjang, maka berkatalah setan yang menggoda orang kafir kepada setan yang menggoda orang mukmin :

Setan yang menggoda orang kafir : ”Mengapa kamu jadi kurus begitu ?

Setan yang menggoda orang mukmin : ”Saya tinggal bersama orang yang apabila ia makan, ia menyebut nama Allah, sehingga aku tetap lapar dan apabila ia minum ia menyebut nama Allah, sehingga aku tetap haus. Apabila berpakaian, menyebut nama Allah, sehingga aku tetap telanjang. Apabila meminyaki kepalanya ia menyebut nama Allah, sehingga aku tetap kusut masai”.

Setan yang menggoda orang kafir : ”Akan tetapi aku,hidup bersama orang yang tidak pernah melakukan itu semua.Oleh karena itu aku ikut makan, minum dan berpakaian bersamanya

Dari dialog diatas telah jelas bahwa apabila dalam melakukan suatu aktivitas apabila tidak didahului dengan membaca basmalah atau doa, setan akan ikut intervensi terhadap apa yang kita lakukan demikian sebaliknya apabila dalam setiap aktivitas kebaikan kita mulai dengan menyebut asma Allah tentulah setan tak akan mampu mencampurinya.

Ternyata begitu penting dan banyak kebaikan dengan mengucapkan basmalah dan doa dalam setiap kegiatan kebaikan yang akan kita lakukan serta dengan ucapan yang mudah ini ternyata memberikan hasil yang luar biasa, so…jangan sampai lupa ya.

sumber gambar : Syiarislam.wordpress.com
*) sumber : Super Mentoring, Novi Hardian & Tim ILNA Leraning Center

31 Tanggapan to "Kebaikan Mengucapkan Basmallah"

I am a Muslim, the things I say
In everything I do everyday
We are Muslims, the things we say
In everything we do everyday

Bismillah – by Yusuf Islam

http://bundamahes.wordpress.com/2010/02/08/lagu-paporit-mahes/

dek reva sudah hafal Bismillahirrahmanirrahim
tapi setelah itu sering mbablas ke ayat 4
malikiyaumiddin, gitu katanya, hehehe…
soale ayat 1 mirip sama ayat 3 ya, hehehe..

sedj

hmm..begitu singkat, tapi kadang masih suka lupa mengucapkannya saat memulai suatu kegiatan..

semoga kedepannya bisa lebih ingat..

Assalaamualaikum Umi

Indah kembali lagi setelah tugasan selesai dengan jayanya.
Insya Allah, basmallah selalu menemani Indah walau di mana berada karena besar fadhilatnya jika selalu diamalkan. Terima kasih Umi atas pesan dan ingatan. semoga Allah melindungi Umi dan keluarga di sana.

salam kasih dari Indahkasihku buat Umi.😀

saya selalu tak lupa untuk slalu mengucapkannya🙂

saya copas dr artikelnya:

Pertama, akan terjaga dari setan, karena dengan menyebut nama Allah akan mendorong seorang mukmin mempertimbangkan apakah ia dibenarkan mengaitkan nama Allah dengan niat dan perbuatan yang buruk.

Kedua, dengan menyebut nama Allah, akan timbul pada dirinya sikap yang benar dan membawa dirinya ke arah yang benar.

Ketiga, akan menerima pertolongan dan ridho Allah serta akan dilindungi dari godaan syaitan, karena Allah menerima perbuatan seorang mukmin bila ia beribadah kepada-Nya.

ini mengingatkanku kembali tuk mengawali kegiatan hari ini dengan bacaan basmallah,, syukron sob ^^

masih sering lupa baca ummu kalo pas mau menulis atau membaca tapi untuk hal2 lain seperti makan insya allah selalu ingat

Bismillahirrahmanirrohim….

Iya, Mbak..semenjak kecil Bundaku juga selalu mengajarkan begitu. Hendaklah memuai sesuatu dengan bacaan masalah, kalau nggak ntar diricuhin ama setan, he he he

Salam hangat dan sayang selalu, Mbak🙂

nice. mau berbagi pengetahuan juga nih;

Membaca Bismillah Saat Makan

Telah disebutkan dalam hadits terdahulu : “Berkumpullah kalian ketika makan, dan sebutlah nama Allah padanya. Maka makanan kalian akan diberkahi”. Oleh sebab itu, meninggalkan tasmiyyah (menyebut nama Allah) ketika makan akan menghalangi hadirnya keberkahan padanya. Sehingga syaithan – semoga Allah melindungi kita darinya – ikut makan, sebagaimana diriwayatkan oleh Muslim bahwasannya Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda :

إِنَّ الشَّيطَانَ يَسْتَحِلُّ الطَّعَامَ إِلَّا يُذْكَرَ اسْمَ اللهِ عَليهِ

”Sesungguhnya syaithan menghalalkan makanan (yang dimakan oleh manusia yang ia mendapatkan bagian daripadanya), kecuali yang disebutkan nama Allah atasnya” [Diriwayatkan dalam Shahih Muslim 3/1597, Kitaabul-Asyribah, bab : Aadaabuth-Tha’aam wasy-Syaraabi wa Ahkaamuhuma, hadits tersebut mempunyai kisah yang melatarbelakangi].

An-Nawawi rahimahullah berkata :

معنى (يستحل) أي يتمكن من أكله، ومعناه أن يتمكن من أكل الطعام إذا شرع فيه إنسان بغير ذكر الله تعالى، وأما إذا لم يشرع فيه أحد فلا يتمكن، وإن كان جماعة فذكر اسم الله بعضهم دون بعض لم يتمكن منه

“Arti dari menghalalkan yaitu dapat menikmati makanan tersebut. Maksudnya, bahwa syaithan itu mendapatkan bagian makanan jika seseorang memulainya tanpa dzikir kepada Allah ta’ala. Adapun bila belum ada seseorang yang memulai makan, maka (syaithan) tidak akan dapat memakannya. Jika sekelompok orang makan bersama-sama dan sebagian mereka menyebut nama Allah sedangkan sebagian lainnya tidak, maka syaithan pun tidak akan dapat memakannya” [Syarhun-Nawawi li Shahiihi Muslim 13/189-190].

Dan di antara yang disebutkan oleh An-Nawawi tentang adab-adab tasmiyyah ini dan hukum-hukumnya, yaitu perkataannya :

أجمع العلماء على استحباب التسمية على الطعام في أوله، فإن تركها في أوله عادما أو ناسيا أو مكروها أو عاجزا لعارض الأٓخر، ثم تمكن في أثناء أكله استحب أن يسمي ويقول : بسم الله أوله وأٓخره، كما جاء في الحديث، ويستحب أن يجهر بالتسمية يكون فيه تنبيه لغيره عليها وليقتدى به في ذلك

“Para ulama sepakat bahwa tasmiyah saat awal waktu makan adalah mustahab (sunnah)[1], maka apabila ia meninggalkannya saat di awal makan dengan sengaja maupun tidak sengaja, terpaksa atau tidak mampu karena sebab tertentu, kemudian ia dapat melakukannya pada pertengahan makannya, maka disukai untuk ber-tasmiyyah dan mengucapkan : bismillaahi awwalahu wa aakhirahu (“Dengan menyebut nama Allah di awal dan akhir”), sebagaimana disebutkan dalam hadits. [2] Dan disukai untuk mengeraskan tasmiyyah sehingga ia menjadi satu peringatan pada yang lain agar mencontoh hal tersebut darinya” [Al-Adzkaar, hal. 197, dengan perubahan. Lihat Syarh An-Nawawi li-Shahih Muslim 12/188-189].

hmmm,, padahal sepertinya sederhana sekali ya ummu…
tapi kenapa sering lupa juga😦
Bismillahhirrohmannirrohiim…..

HIDUP!!! ^_^

^^ … dan membaca Bismillaahirrahmaanirrahiim, menjadi salah satu wujud syukur kita setiap kali memulai aktivitas. Semoga selalu ada keberkahan bersamanya, …. ya Ummi,🙂

kadang.. dengan bismillah saya merasa ada suatu tenaga ekstra yang membatu saya

Berhubung jam diwarnet sudah menunjukan kalau saya sudah lama dan sedang ditunggu istri maka saya no coment ” absen aja ya mbak” heeeeeeeeee

Terkadang lupa karena terlalu ingin tergesa-gesa dalam melakukan sesuatu, Trima kasih utk pengetahuannya. semoga ntar ga lupa2 lagi. Bismilahirrahmanirrahim

Salam..

Sebelum membaca postingan ini saya jadi ikut mengucapkan basmallah. Semoga postingan ini membawa berkah untuk pembaca dan narablog nya, amin…

Info yang bermanfaat banget teh, keep blogging😀

Makasih post nya bermanfaat..

salam kenal

Bismillahirrahmanirrahim…

terimakasih sudah membuat saya mengawali hari ini dengan lebih dulu bersandar pada Sang Pemilik Hari🙂

Salam persaudaraan.

indahnya bismillah
indahnya menerapkannya dalam kehidupan

Bismillah….
Afwan baru sempet berkunjung Um…sedang kumat penyakit malas ngeblognya…moga2 dengan dikunjungi Ummu Rizka kemarin jadi semangat lagi…Amiin.^^

membiasakan mengucapkan bacaan basmalah dalam setiap mau beraktifitas insya allah akan memberikan berkah ya?
terima kasih sudah mengingatkan.

bismillah …
salah satu bentuk ucapan biasa tapi jika diikuti dengan hati benar-benar memberikan kekuatan fisik dan roh yang luar biasa… bentuk penyerahan diri kepada Illah
tapi baca bismillah saat mau sholat tidak sunnah ya? bener ngak ummu?

mana nih jwbnya ukhti?? lagi sibu yach???

maaf pak Bchree, br sempat balas..benar pak membaca bismillah tidak sunnah, namun memulai aktifitas dengan membaca basmalah lebih baik agar memperoleh keberkahan, wallahualam bishowab..

sepertinya artikel ini membuat jiwa mnjadi sedikit sejuk… terima kasi atas artikel bermanfaat ini =)

makasih ummu rizka untuk pencerahannya🙂

Bismillahirahmanirrahim, sesuatu yg baik, bearawal dari ucapan yang baik

terima kasih sudah mengingatkan

keindahan dalam lafaz Basmallah…
salam kenal..

Rfr_verosiga

Bismillaah/dengan menyebut nama Alloh. Seperti kita dalam posisi meng-enolkan diri dan menyerahkan segala sesuatu pada Alloh Kekuatan Yang Maha Besar dan Maha Perkasa

Ummu juga apa kabar semoga selalu sehat dan sukses selalu🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Mutiara Kata

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (QS. Al-Baqarah: 216)
Oktober 2010
S S R K J S M
« Sep   Nov »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Archives

Top Rated

Blog Stats

  • 158,282 hits

Favorit link

%d blogger menyukai ini: