It's just my little's notes…

Bisnis Ala Anak-Anak

Posted on: Oktober 8, 2010

Untuk bisa berkreasi agaknya tidak selalu memerlukan biaya yang mahal yang penting niat (ada kemauan) dan kreatip , setidaknya itulah yang dilakukan sulung saya kakak rizka. Tanpa sepengetahuan saya kakak rizka diwaktu senggangnya (sepulang sekolah) membuat hiasan nama dari bahan planel dan mengkreasi bando dengan mempadupadankan pitanya yang dibuat dari bahan planel juga.

Saya baru mengetahui kegiatan baru kakak ini ketika dia menunjukkan hasil karyanya ke saya, saya langsung tanya “beli dimana kak bando dan hiasan namanya? Jawabnya “ bikin sendirilah mi…ini juga pesenan teman-teman disekolah” Tersenyum saya melihatnya “wah kreatip juga kakak ini dan kecil-kecil naluri bisnisnya sudah jalan” gumamku dalam hati.

Rupanya dalam dua pekan ini kakak rizka lagi demam rangkai-merangkai bando dan membuat hiasan nama yang iseng-iseng ditawarkan kepada teman-teman sekolahnya rupanya banyak teman-temannya yang berminat, alhasil kakak menjadi berbisnis ria. Menurut cerita kakak rizka untuk membuat bando berpita diperlukan modal Rp. 2.000,- per buah (untuk membeli bando dan kain planel serta lem tembak) dan dijual Rp. 2.500,- per buah, sedangkan untuk hiasan nama dari pembelian bahan seharga Rp.2.500 – Rp.3.000,- dijual seharga antara Rp.4.000,- – Rp.5.000,- per buah tergantung banyak sedikitnya hiasan.

Inilah hasil karya kakak rizka

bando yang belum dihias

pita warna-warni yang belum dipasang

bando yang telah berhias pita

Ini hiasan nama yang bisa dipasang di tas maupun di kaos polos.

hiasan nama

Ngga nyangka ni, kakak rizka yang baru berumur 10 tahun sudah pandai dan berani berbisnis meski kecil-kecilan, tidak tahu juga dapat ilmu darimana mungkin saja mewarisi jiwa bisnis neneknya dulunya seorang pedagang.

Pesan ummi ke kakak boleh-boleh saja belajar berbisnis yang penting dalam berdagang harus jujur, menjaga kepercayaan pembeli dan tentunya harus lebih mengutamakan dan tidak boleh mengganggu tugas serta kewajiban utama yaitu beribadah serta belajar. Sukses ya kak..

19 Tanggapan to "Bisnis Ala Anak-Anak"

huwaaaa… kreatif sekali kakak cantik, Mi!😀

seni…

sesuatu yang tak pernah sedikitpun mengalir di darah saya!😦

iya ni bun , jadinya ngga sering-sering nambahin uang jajannya he….

wow… ada juragan baru di rumah…
keren…. lumayan tuh, si gendut jadi sering nemu duit tercecer
hehehe… traktiran ya…

sedj

Wah, hebat, masih kecil sudah kreatip.. Siapa dulu Umminya, hehe..

saya juga kadang suka dengan adik saya membuat karya dari kain planel. cuma belum terlaru di fokuskan. padahal lumayan juga:mrgreen:

wah kreatif euy..🙂

kreatif skali, anak2 skrng krreatif2 ya, siapa dulu donk Umminya😉

Mbak…Kak Rizka ni calon pengusaha sukses lho!!!

Terus di semangati, yah! n salam buat kak Rizka nya, moga sukses bisnisnya dan gak gampang bosen, he he he
(kan biasanya anak kecil gampang bosen)

Salam Hangat!

Bagus sekali. Tapi yang lebih saya hargai adalah langkahnya dan rasa percaya dirinya untuk menawarkan hasil karyanya itu. Dan ternyata memang laku alias ada yang mau memesan.

Saya punya teman (adik kelas waktu SMU) yang juga suka membuat pernak-pernik hiasan/ bros. Sekarang dia memiliki toko yang merancang dan menjual korden beserta asesorisnya. Saat orang lain sibuk melamar pekerjaan dia malah sudah memiliki beberapa karyawan. Keren …😀

Ayo maju terus dan kembangkan kreatifitas.

Subhanallah kreatif sekali si kakak. Jadi ingat keponakanku (12th), kecil-kecil sudah berani bisnis. Yang dia tawarin ke teman sekolahnya pembatas buku bernama yang dibentuk cute. Menariknya, kertas-kertas berwarna dan plastiknya dia lengketkan sendiri dengan diseterika.

pokonya yang sederhana penuh warna dan tidak neko neko🙂

Assalaamu’alaikum Ummu

Alhamdulillah… anak yang kreatif adalah anak yang cerdas mindanya. Memang anak2 suka membuat sesuatu yang baru dan menjadi kegemaran mereka. Sebagai orang tua, kita seharusnya mendokong agar kreativitinya semakin berkembang dan dia dapat belajar tentang kehidupan.

Salut buat nak Rizka. semoga sukses dalam bisnis dan juga pelajarannya.

Salam sayang saya buat nak Rizka ya Ummu. Bilang saya bangga dengan dia. Salam manis juga buat Ummu di sana.😀

Waaaa ,, jadi ngiri ma si kakak ..

Q juga punya cita – cita jadi pengusaha yang sukses Mbak,, tapi apa daya jiwa dagang tak pernah muncul dalam diriku .. hikz .. semoga kakak berjaya dimasa depannya kelak ..

wuah, si kakak, sungguh kreatif, mbak. baru 10 tahun jiwa wirausahanya sudah bisa ngelihat peluang. Smoga kakak menjadi pengusaha yang sukses suatu saat nnt.

Wah hebat baru berumur 10 tahun udah kreatif gitu, subhanallah😀

assalamu’alaikum jeng, lama tak jumpa. jadi ingat sm anak tetangga sebelah yang mulai belajar bisnis neh… ntar aq liput di blogku deh, insyaallah ^^

waaaww kreatifff hummm thumbs up buat kakak rizka!

Ummi.. ada award tanda terimakasih dariku: diambil yaaa

http://martadewa.wordpress.com/2010/10/30/award-perdana/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Mutiara Kata

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (QS. Al-Baqarah: 216)
Oktober 2010
S S R K J S M
« Sep   Nov »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Archives

Top Rated

Blog Stats

  • 158,282 hits

Favorit link

%d blogger menyukai ini: