It's just my little's notes…

Muhasabah Di Akhir Ramadhan

Posted on: September 3, 2010

Tanpa terasa kita hampir sampai di penghujung bulan ramadhan dan alhamdulillah hingga hari ini kita masih diberikan kelancaran dan kemudahan dalam menjalankan ibadah shoum dan terasa lebih nikmat dalam menjalankannya karena dilandasi dengan hati yang bersih dan ikhlas.

Hampir sebulan penuh kita berada dalam masa penggodogan iman, sebagai evaluasi diri apakah dalam bulan puasa ini telah mampu menjalankan ibadah dengan khusyuk, apakah telah mampu mengendalikan seluruh organ tubuh dari hal-hal yang dapat membatalkan dan merusak pahala puasa, apakah telah mampu melakukan kebaikan dan kebaikan seperti menjaga hati untuk selalu mengingat Allah, membasahi lisan dengan senantiasa berdzikir dan tilawah Qur’an, menjaga tangan dan kaki untuk tidak berbuat maksiat…sehingga mampu menggapai hakekat puasa yaitu menjadi manusia bertaqwa.

Imam Al Qhazali mengatakan , mereka yang selamat dalam ramadhan adalah mereka yang berada dalam kategori khususul khusus atau al Khawwas, yaitu mereka yang menjaga hati, mata, lisan tangan dari maksiat.

Imam Al Qhozali mengelompokkan orang yang berpuasa dalam 3 (tiga ) kategori :

Pertama : Kelompok orang awam yaitu kelompok orang yang dalam berpuasa tidak lebih dari sekedar menahan lapar , haus dan tidak mampu menahan syahwatnya.

Kedua adalah kelompok orang yang berpuasa selain menahan lapar , haus dan mampu menahan syahwatnya juga mampu menjaga lisan, mata, telinga, hidung dan anggota tubuh lainnya dari segala perbuatan maksiat dan sia-sia.

Ketiga adalah mereka yang berada dalam ketegori khususul khusus atau Al Khawwas, yaitu mereka tidak saja mampu menjaga telinga, mata, lisan, tangan dan kaki serta anggota tubuh lainnya dari segala yang menjurus pada maksiat kepada Allah namun mereka juga mampu menjaga hatinya dari selain Allah.

Masuk dalam kelompok manakah kita, mari kita bermuhasabah / evaluasi diri kita masing-masing, harapan kita tentunya termasuk dalam golongan ketiga yaitu golongan yang selamat dari ramadhan dan bukan termasuk golongan orang yang merugi yang hanya bisa menahan lapar dan haus serta tidak mampu mengadakan perubahan diri ke arah yang lebih baik.

Semoga amal ibadah kita selama bulan ramadhan ini diterima oleh Allah SWT dan kita mendapatkan hikmah serta fadhilah bulan ramadhan yang terlihat dari perubahan diri setelah ramadhan berlalu dan mencapai cita-cita ramadhan yaitu menjadi orang yang bertaqwa, amin.

19 Tanggapan to "Muhasabah Di Akhir Ramadhan"

aku masuk yang mana yah mbak???hmmm..betapa ruginya kalo aku masuk kedalam golongan yang pertama😦

semoga aku tidak masuk golongan yang merugi
hikz hikz
amien😀

dek reva masuk kelompok keempat
yaitu orang yang menyamakan puasa dengan tidur
hehehe..

sedj

kayaknya masih antara golongan 1-2 dah diantara itu berarti kelompok 1.5.wkwkwkwkwk
bentar lagi lebaran…
jangan lupa ntar hari raya kuenya di keluarin semua di blog.ahhahahah

Semoga kita masuk dalam golongan ketiga🙂

Syukran atas infonya…
jangan lupa ikutan lomba blog di web kami, semoga islam makin jaya…

Assalaamu’alaikum Ummu Rizka

Andai langkah berbekas lara . Andai kata merangkai dusta. Andai tingkah menoreh luka . Andai bahasa membedah jiwa. Maaf dipohon seribu ampun. Dari jauh ku kirim salam. Kuhulur tangan memohon kalam . Buatmu sahabat, di hari mulia kita bermaafan. MAAF ZAHIR DAN BATHIN.

Taqabbalallohu minna wa minkkum. Kullu am wa antum bikhairiin.

Salam Ramadhan Yang Barakah dan Salam Aidil Fitri Yang Bahagia.

# kalau saya mbak, masih dalam golongan kedua. Belum mampu untuk mencapai yang ketiga kerana masih banyak godaan dan dugaan yang ditempuh di dunia digital dan nyata ini. terima kasih mengingatkan saya tentang muhasabah diri. Semoga mbak dirahmati Allah. Amiin.😀

Taqaballahu minna wa minkum cik siti, semoga amal ibadah kita diterima Allah SWT amin…mohon maaf juga segala salah dan khilaf…amin doanya semoga demikian juga cik siti n keluraga senantiasa dirahmati Allah SWT amin.

Semoga kita nantinya mendapat gelar ‘Takwa’ ya,Mbak🙂

kira2 .. saya (kita) termasuk kelompok mana ya ??

kalo saya keknya nyrempet2 ke yg nomer 1 deh
hehe

Kepada semua sahabat blog terimakasih atas kunjungannya, apapun atau dimanapun posisi kita menurut kategori Imam Al Ghazali diatas dan seberapa jauh amalan / ibadah selama bulan ramadhan, yang terpenting kita menyadarinya dan berusaha agar ada peningkatan/perubahan ke arah yang lebih baik sehingga kita tidak menjadi orang yang merugi, amin.

inti de ramadhan adlh pada yg akhir…

Mohon maaf lahir dan batin atas segala khilaf dan kesalahan, mungkin selama ini ada kata-kata yang tidak berkenan di hati saat memberi komentar-komentar.

Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1431 H. Mohon Maaf Lahir dan Batin

Semoga kita kembali dalam keadaan yang Fitri lagi. Amiin

Taqaballahu minna wa minkum …. mohon maaf lahir dan batin
……. salam kenal

mohon maaf lahir batin mbak.., met lebaran..
senang menymak crita mudik bertema keluarga. ….

Aku termaasuk kelompok yang mana ya??????

Mudah2an setiap tahun kita ada perubahan dari tingkatan pertama terus yg kedua sampai ketiga..amiin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Mutiara Kata

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (QS. Al-Baqarah: 216)
September 2010
S S R K J S M
« Agu   Okt »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Archives

Top Rated

Blog Stats

  • 158,282 hits

Favorit link

%d blogger menyukai ini: