It's just my little's notes…

Makna Sedekah

Posted on: Agustus 31, 2010

Apabila kita mendengar kata sedekah, sering yang kita tangkap pengertiannya adalah memberikan harta ataupun materi kepada orang lain yang membutuhkan, namun tidaklah selalu demikian sebab pengertian sedekah dalam Agama Islam sangatlah luas, karena pada hakekatnya sedekah berarti ishal al-khair wa al-naf-i (mengantarkan atau memberikan segala bentuk kebaikan dan manfaat). Jadi sedekah tidak hanya memberikan dalam bentuk materi saja seperti berinfaq dan membayar zakat, namun ada dalam bentuk lain seperti beramar ma;ruf, mencegah kemungkaran, mendoakan diri sendiri dan orang lain, berdzikir bahkan senyum juga merupakan sedekah.

Hal ini bisa kita lihat dalam hadist Arbain Nawawi ke 25 :

Sesungguhnya ada beberapa sahabat Rasulullah SAW, mereka bertanya kepada beliau “Wahai Rasulullah, telah berlalu orang-orang yang berharta dengan memperoleh pahala. Mereka sholat sebagaimana kami sholat, mereka puasa sebagaimana kami berpuasa, dan mereka bersedekah dengan kelebihan harta bendanya” Rasulullah bersabda “Bukankah Allah telah menjadikan sesuatu yang dapat kamu sedekahkan, sesungguhnya dengan (membaca) tasbih adalah sedekah, setiap tahmid sedekah, dan setiap tahlil sedekah, memerintahkan kebaikan adalah sedekah, melarang kemungkaran adalah sedekah dan pada kemaluan istrimu juga ada sedekah
Mereka berkata lagi “Wahai Rasulullah, apakah (bila) salah seorang dari kami menyalurkan syahwatnya (kepada istrinya), ia akan mendapatkan pahala”, Nabi menjawab “Tahukah kamu sekalian jika seseorang melampiaskan syahwatnya pada tempat yang haram, bukankah ia berdosa. Maka bila ia menyalurkan syahwatnya pada tempat yang halal, tentu ada pahala baginya”.

Dalam hadist lain :

Senyumanmu dihadapan Saudaramu adalah sedekah, amar ma’ruf dan nahi munkar adalah sedekah, engkau memberi petunjuk kepada seseorang yang tersesat jalan adalah sedekah dan engkau menyingkirkan batu, duri, dan tulang dari jalan adalah sedekah, juga engkau menuangkan air embermu saudaramu adalah sedekah” (Hadist Shahih, diriwayatkan oleh Tirmidzi)

Dari hadist diatas menjelaskan bahwa bersedekah tidak hanya melalui harta saja namun bisa dilakukan dengan selain harta antara lain yaitu :

1. Berdzikir (membaca tasbih, tahmid, tahlil dll)
2. Menyeru kebaikan (amar ma’ruf)
3. Melarang kemungkaran
4. Menyaluran syahwat pada tempat yang halal
5. Senyum dengan ikhlas
6. Memberi petunjuk kepada seseorang yang tersesat
7. Menyingkirkan batu, duri dan tulang dari jalan.
8. Memmberi air kepada orang lain

Subhanallah ….ternyata makna sedekah sangatlah luas, tidak hanya bagi orang yang cukup hartanya saja yang berpeluang untuk mendapakan pahala dengan bersedekah, bagi orang yang tidak mampu dalam hal hartapun Allah memberikan ladang baginya untuk mendulang pahala dengan melakukan sedekah (dengan selain harta) seperti melakukan hal –hal tersebut dalam hadist diatas. Maha Suci Allah …menunaikan amalan-amalan ibadah di dalam Agama Islam tidaklah sulit…🙂

Berpijak dari hadist diatas bagi kita yang belum ataupun tidak mempunyai kelebihan harta tidak perlu berkecil hati apabila tidak mampu melakukan sedekah dalam bentuk harta karena masih dapat melakukan sedekah yang lain yang juga tetap berpahala…so ayo berlomba-lomba dalam bersedekah sesuai dengan kemampuan masing-masing😆😆

sumber gambar : littlebabysmile.wordpress.com

26 Tanggapan to "Makna Sedekah"

Senyum jg sedekah🙂

Ya dengan senyum saja kita bisa bersedekah..maka keep smile..🙂

Sedekah yuk… Salam kenal dari Bondowoso..🙂

Jadi tambah pengetahuan tentang sedekah, thanks !

wah…semiskin harta apapun ternyata bisa bersedekah walaupun hanya dengan senyuman…alhamdulillah semoga dapat pahala…
Terima kasih yah..

ikut merenungi dan merasukkan dihati..

Ass… kunjungan subuh … salam kenal …

Setuju ummu, apa lagi bikin senang orang sedekah juga tuh mu, misalnya selalu murah senyum, membantu orang yg kesusahan, wah ulasan ummu lengkap apalagi dikuatkan dengan hadistnya.

setuju banget
besok kalo ada orang ngemis kita cengengesin aja
itu udah sama dengan sedekah ya…
hehehe..

sedj

ya gak mesti gitu, kalo kita punya uang ya kita kasih dunk.. ditambah senyum biar pahalanya lebih banyak😆

Senyum dulu ah🙂

Senyum mbak dina manis banget nih…

sedekah diam-diam itu baik
sedekah bilang-bilang juga baik
yang gak baik diam diam gak sedekah

dan sedekah tidak akan pernah membuat kita miskin. malah sebaliknya orang yang bersedekah itu adalah orang yang kaya

betul mr…, dengan banyak bersedekah justru menjadikan kita kaya, dan sesuai janji Allah akan memberikan nikmat yang banyak amin.

Subhanallah…….

owwwww……ternyata sedekah ga harus dengan materi ya sob…..ok2……..makasih infonya……

betul ternyata beramal itu mudahkan… n makasih juga kunjungannya🙂

Assalaamu;alaikum mbak.
Mudahan segala sedekah yang kita buat dalam apa juga bentuk dan cara usahanya bisa mendapat keredhaan Allah swt. yang penting adalah keikhlasan kita melakukan amal-amal baik tersebut.

Postingan yang mencerahkan sebagai pesan bahawa Allah SWT selalu memudahkan jalan buat hamba-Nya melakukan kebaikan dan mendapat ganjaran yang banyak buat bekal kita di hari kemudian nanti.

Salam manis dan sayang dari saya buat mbak, ummuRizka di Indonesia.

waalaikumslam, bunda..
amin semoga segala amal baik kita diterima Allah SWT.

Subhanallah…..
ternyata….. banyak sekali sedekah yang bisa kita lakukan…
bahkan hal hal yang sederhana pun sedekah..
posting di blog dengan postingan sebagus ini juga sedekah loh ummurizka…..

jazakillah yaa ummu…🙂

Syukron Indah atas kunjungannya, Insya Allah silaturahmi kita juga bernilai sedekah Indah…

Maha kaya Allah.
Terima kasih sudah diingatkan bahwa berbuat amal itu sangat mudah.

siip betul umm masih banyak pintu kebaikan untuk orang”kere”. makanya imam an-nawawi dlm riyadhusshalihin memasukkan hadits yang semakna dengan ini ke dalam bab banyaknya jalan kebaikan

mencoba untuk senantiasa berbagi dengan sesama dalam berbagai suasana, senang, susah, sedih, semoga tetap selalu berada dalam kemurahan Yang Maha Kuasa…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Mutiara Kata

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (QS. Al-Baqarah: 216)
Agustus 2010
S S R K J S M
« Jul   Sep »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Archives

Top Rated

Blog Stats

  • 158,282 hits

Favorit link

%d blogger menyukai ini: