It's just my little's notes…

Tabung gas elpiji

Posted on: Juni 29, 2010

Berita meledaknya tabung gas elpiji beberapa minggu terakhir ini makin sering terdengar baik dari televisi maupun koran-koran. Ledakan tersebut jelas menyebabkan jatuhnya korban baik korban meninggal, luka bakar dan kerugian harta benda tentunya. Yang menjadi penyebab meledaknya tabung gas antara lain karena tabung gas cacat, selang bocor, regulator rusak, tabung gas disuntik dan kebanyakan tempat kejadiannya adalah di rumah penduduk.

Kabar berita tak sedap ini, jujur saja membuat saya menjadi sangat miris dan was-was ketika menyalakan kompor gas (mungkin hal ini juga dirasakan oleh sebagian besar ibu –ibu dan pengguna gas lainnya), acap kali menghidupkan kompor gas saya harus memeriksa dan mencium –cium sekitar kompor juga kepala tabung gas 😳 untuk memastikan ada kebocoran gas atau tidak dan sekarang ini aktifitas memasak menjadi tidak nyaman padahal dulu ketika belum banyaknya kejadian-kejadian semacam ini, saya hampir tidak pernah merasakan kekhawatiran seperti ini.😥

Hmm kenapa ya kok bisa sering terjadi ? 😡 Jika hal tersebut sebuah kecelakaan murni kenapa kejadiannya berulang-ulang atau mungkinkah ada unsur kesengajaan atau kecobohan atau human error …lalu siapa yang salah dan siapa yang harus bertanggung jawab terhadap kejadian tersebut.❓

Saya tidak ingin membahas siapa yang salah dan yang bertanggung jawab terhadap semua kejadian meledaknya tabung gas tersebut, yang paling penting dilakukan saat ini adalah bagaimana caranya untuk mencegah atau setidaknya meminimalisir kejadian meledaknya tabung gas elpiji, berikut antara lain tips aman menggunakan gas yang kuambil dari http://www.metrotvnews.com berita metro siang tanggal 24 Juni 2010 :

1. Saat membeli gas pilih tabung yang kondisinya baik, dan perhatikan tanggal kadaluarsanya.

2. Untuk mencegah kebocoran, periksalah selang gas minimal sebulan sekali dan pastikan pula selang tidak tertindih.

3. Sebaiknya Anda menggunakan regulator yang ada meterannya. Ini untuk memudahkan untuk mengetahui berapa banyak gas yang masih tersisa.

3. Ketika memasang regulator, perhatikan apakah ada suara mendesis atau tercium bau gas yang khas. Jika ada segera lepaskan regulator dan bawalah ke ruangan terbuka. Cek cincin karet pada tutup gas.

5. Letakkan tabung gas pada posisi berdiri tegak agar regulator dapat mengunci dengan baik.

6. Kebocoran dapat terjadi karena kompor tidak tertutup rapat, selang bocor, sambungan kompor dan tabung tidak rapat atau regulator tidak bekerja dengan baik.

Sebagai anggota masyarakat saya berharap😉😉..

Kepada pemerintah dan pihak terkait … tolong donk.. :

* Segera diatasi permasalahan ini agar tidak berlarut – larut dan tidak menyebabkan korban lagi .

* Diadakan sosialisasi kepada masyarakat terutama bagi yang baru melakukan perubahan dari sebelumnya minyak tanah beralih mengunakan gas elpiji (mendadak gas elpiji sih) ……..yah mereka mungkin masih sangat awan tentang penggunaan tabung gas elpiji.

* Tertibkan produk tabung gas ataupun perlengkapannya seperti selang dan regulatornya yang sudah memiliki Standar Nasional Indonesia namun diragukan kebenarannya.

* Sering-sering mengontrol dan memeriksa kelayakan tabung saat pengisian ulang tabung gas elpiji.

Dan juga kepada oknum penyuntik tabung gas dan oknum penjual selang dan regulator yang aspal…tolong donk hentikan perbuatan tidak terpuji itu jangan hanya karena mencari keuntungan banyak namun keselamatan orang lain tidak dipikirkan…. Insya Allah masih banyak kok pekerjaan yang halal yang Insya Allah akan mendatangkan berkah…😆😆

23 Tanggapan to "Tabung gas elpiji"

Khawatir jadinya.. Di kosan pake tabung gas juga kak.. Semoga punya kosan dan yang ada di rumah kakak nggak kenapa2 yah.. Hmm, spertinya pemerintah harus memeriksa lagi deh tabung gas yang didistribusikan ke masyarakat.. Layak atau gak..

Semangat!!

Haduwh, dirumah jg pake taBung 3kg, takuT T.T

for FiyaFiya : semoga kita semua terhindar dari segala bahaya…amin

buat Adi : gimana ya ngilangin rasa takut saat memasak…

tips yang bagus, ini juga merupakan ‘sosialisasi’ dalam penggunaan dan perawatan gas elpiji.

memang kalo kita lihat berita di tv waduh…akhir2 ini byk sekali kejadian tanung gas meledak…mending pertamina coba periksa deh apa emang oplosan atau gm gt..masa byk sekali terjadi peristiwa ledakan?

Yusami : semoga bermanfaat tipsnya…

Julianusginting : betul mas urgent untuk dilakukan inspeksi or pemeriksaan biar gak berlarut..thanks kunjungannya.

Sekarang ibu saya jadi paranoid, lebih sering pake kompor minyak daripada kompor gas. Hem

just open your yahoo.mail, Love..
i’ve send any picture: this is tokyo

sedj

sungguh TERLALU…………….^_^b

Gak usah khawatir mbak… selama kita mengikuti prosedur yang ada dan lebih memperhatikan lagi keadaan tabung dan selang yang digunakan insyaAllah gak bakalah meledak.🙂

jadi ngerti kenapa ada dialog ttg wacana penarikan tabung gas di metro tv beberapa hari yang lalu. sepertinya pemerintah harus mulai memperhatikan dengan seksama nih ttg maslah ini.

Kalo menurut saya dan ayah saya, sebaiknya jangan beli tabung gas 3kg yang udah berkarat banyak. Mending cari yang masih mulus dengan sedikit karat.😀

Menurut kamu juga, bukan masalah tabungnya mungkin, kesalahan ada di regulator yang murah meriah itu. Kebocoran mungkin berasal dari situ.😉

betul…betul…
dulu2 gak pernah ada berita aneh tentang tabung gas…
aku setiap kali mau nyethek kompor jadi deg-deg….
pokoknya kalo beli selalu minta dipasang and di cek ma penjualnya….

entahlah…saya kok tidak termasuk orang yang deg-degan berhubungan dengan elpiji meski telah berkali-kali mendengar berita tentang meledaknya tabung elpiji.Alhamdulillah selama ini aman2 saja dan semoga seterusnyapun demikian. Amiin. Mungkin karena saya termasuk orang yang sudah akrab dengan elpiji sejak bertahun-tahun yang lalu (sejak SMP)dan saya tidak ikutan menerima elpiji gratisan dari pemerintah yang kualitasnya berbeda-beda. Trus saya juga pakai elpiji yang tabung 12 kiloan, yang jarang bermasalah. wallahu a’lam.
Namun tipsnya tetap berguna Ummu, jazakillah

kok gak ngapdet, Cay..

lagi banyak kerjaan nih.. karena rekan kerja lagi cidera berat…😦😦

di kampung saya malah banyak elpijinya di jual. takut negunainnya meledak kayak di tipi tipi katanya,.hehe

memang mbak, elpiki: ditakuti tapi dicari

saya salah satu orang paling takut gas elpiji.mendingan saya gak makan klo disuruh pasang tabung gas elpiji.bukan karena berita yg sering meledak saja,tapi klo ketemu gas saya langsung merinding,..makin jadi setelah ditambah berita seperti ini,kejadiaanya tambh saya ngedown.he

mungkin saya takut’a sudah kelewatan,klo ada yg pasang gas dirumah,gk pikir panjang,saya langsung lari menjauh-sejauh2nya.

semoga tidak berkelanjutan ya takutnya..saya juga berusaha untuk menghilangkan rasa takut ketika memasak…thanks kunjungannya..

dikampung saya pasca sering meledaknya gas elpiji masyarakat beralih kembali ke kayu bakar yang tidak mungkin meledak
proyek konversi bernilai milyaran kini menjelang sia-sia

semoga pemerintah lebih peka dan cepat aksinya untuk mencegah hal-hal yang tidak dinginkan lebih besar lagi

Terima kasih ya ukhti udah sempat mampir di blog ana

inovatif ,saklar slang anti bocor.GAK percaya?potong selangnya n biarkan regulator on…HASILnya?….aliran gas terhenti.STOP !!!!.cuma RP 25.000,-.call:021-98358831

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Mutiara Kata

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (QS. Al-Baqarah: 216)
Juni 2010
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Archives

Top Rated

Blog Stats

  • 158,282 hits

Favorit link

%d blogger menyukai ini: