It's just my little's notes…

Kiat membelanjakan uang bulanan

Posted on: Juni 3, 2010


Sebagai seorang ibu rumah tangga tentu ingin selalu sukses dalam mengelola uang belanja bulanannya agar dalam pengeluaran tidak lebih besar daripada pemasukannya, jika uang yang diterima dari seorang suami yang milyader tentunya tidak perlu bersusah payah dalam mamanage uang namun apabila hanya berpenghasilan pas-pasan tentu harus mampu dan cermat mengelola uangnya agar tidak tekor sebelum bulan berakhir.

Tidak mudah memang dalam mengelola uang belanja, terkadang sudah dibuat daftar rincian atau pos-pos pengeluaran bulanan namun masih juga kebobolan😦 😦 , sering yang menjadi penyebabnya antara lain adanya keperluan yang mendadak yang tidak bisa terelakkan dan kurangnya disiplin dalam membelanjakan uang.

Disini kuingin berbagi kiat dalam mengelola uang belanja bulanan yang kuambil dari berbagai sumber dan dari pengalamanku sendiri semoga dapat memberikan manfaat :

1. Diawal bulan membuat daftar keperluan bulanan dirangking dari pengeluaran untuk kebutuhan tetap atau yang sudah pasti akan dibayar seperti : zakat profesi, biaya listrik, air, telepon, biaya SPP sekolah, membeli susu anak, gaji pembantu, uang untuk keperluan makan, angsuran bank (jika punya hutang hiks…) dan lain sebagainya dilanjutkan menganggarkan untuk pengeluaran yang bersifat mendadak atau biaya cadangan.

2. Usahakan menetapkan sejumlah uang (dengan catatan setelah dikurangi biaya untuk kebutuhan yang bersifat tetap) untuk ditabung dan harus langsung dimasukkan dalam tabungan (bank), hal ini untuk melatih agar kita mampu mengelola uang sesuai anggaran yang telah dibuat. Perlulah kiranya mengubah mindset : Menabung dulu sisanya baru dibelanjakan, bukan membelanjakan dulu jika ada sisa baru ditabung.

3. Usahakan dalam belanja bulanan (sembako, keperluan mandi dll) dicatat terlebih dahulu dan membeli yang diperkirakan cukup untuk satu bulan, hal ini untuk menghindari pergi ke supermarket yang berulang-ulang disamping menghemat BBM juga menghindari pembelian barang yang kurang dibutuhkan karena biasanya ibu – ibu mudah tergiur (silau mata🙂 ) untuk membeli ini dan itu.

4. Usahakan untuk menyusun menu makan mingguan untuk memudahkan dalam berbelanja dan menentukan takaran sayur dan lauk pauk yang akan diolah, apabila tidak disusun menunya terlebih dahulu sering kita bingung ketika mau berbelanja dan mengakibatkan pembelian yang berlebihan.

5. Jika berbelanja terutama di Mall senantiasa dzikrullah dan ingat bahwa Allah selalu mengawasi , hal ini penting agar kita selalu berhati-hati (tidak berlebih-lebihan) dalam membelanjakan rezeki yang Allah berikan.

6. Yang terpenting harus selalu bersikap disiplin dan teguh hati dalam mengelola uang.

7. Selalu berdoa agar rezeki yang kita terima senantiasa diberkahi dan diridhoi oleh Allah SWT.

Demikian semoga bermanfaat, dan jika sahabat punya kiat lain monggo dipersilakan untuk menambahkan di kolom komentar🙂🙂🙂

15 Tanggapan to "Kiat membelanjakan uang bulanan"

ibu2 emang harus sigap dan kreatif tuk mengelola uang bulanan ya jeng

setuju mbak..saya juga masih belum piawai mengelola uang..

wah ini problem memang selalu ada…
terutama akan pusing kalo pemasukan lebih kecil dari pada pengeluaran…hiks…
btw tx infonya

buat bapak2 boleh kan..???
^__^

jelas boleh donk pak, trims kunjungannya..

ide kreatif agar tak terjadi besar pasak daripada tiang

Urusan uang memang suka bikin pusing ya kalau tidak hati-hati dalam pengeluarannya ^^

Siip… yang pertama-tama adalah membersihkan penghasilan dulu dengan mengeluarkan zakat ya🙂

Hmm… pengeluaran tak terduga itu yang bisa menghabiskan gaji sebulan😦

Benar mbak..sering menjadi problem ibu ibu🙂 trims kunjungannya..

tips yang bagus, tapi kadang sebagai ummahat, juga harus mempertimbangakan mana yang benar-benar “dibutuhkan” , dan yang “diingankan” ya um.. en mau tahu cara menyusun anggaran utk menu kebutuhan dapur um, ana kok masih susah ya? mesti tiap bulannya diatas target. hehehe.

Bisa jd informasi yg penting bagi yg mau dan telah menjadi ibu, Mbak….

Apa nggak terbalik tuh?
Tapi memang kata orang barat, kita ini cara berpikirnya serba terbalik.
Kalau gaji kecil, umumnya kita memilih berhemat, seolah-olah tidak ada cara atau pilihan lain lagi. Mungkin karena falsafah di masa lalu, bahwa hemat itu pangkal kaya.
Padahal cara ini sudah terbukti tidak manjur, seharusnya pakai cara kebalikannya, yaitu Carilah Pemasukan Tambahan. Ok, salam kenal.

nice artikel,,,,memang bener siih bu,,klo yang namanya ibu-ibu or para wanita memang slalu lapar mata pengen beli ini itu😀

Wah artikel yg bagus nih, bisa buat dipraktekin utk hemat belanjaan tiap bulan agar gak bikin kantong cepet bolong…soalnya aq orangnya suka belanja, apalagi belanja jilbab dari PRODUSEN MUKENA KATUN JEPANG. karena jilbabnya nyaman, lembut dan adem. Makasih ya udah berbagi tips dan ceritanya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Mutiara Kata

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (QS. Al-Baqarah: 216)
Juni 2010
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Archives

Top Rated

Blog Stats

  • 158,282 hits

Favorit link

%d blogger menyukai ini: