It's just my little's notes…

Menentukan Pilihan

Posted on: Mei 25, 2010

Memilih….aktifitas ini semua orang pasti sering melakukannya. Dari bangun pagi hingga menjelang tidur dan dalam beraktifitas sering kita dihadapkan dalam suatu pilihan, mengapa? Karena dalam hidup menyediakan banyak pilihan. Dengan banyaknya pilihan kita dapat menentukan sesuatu yang tepat dan pas sesuai apa yang kita inginkan.

Untuk menentukan pilihan yang tepat banyak, hal yang harus dipertimbangkan bukan asal memilih karena dalam memilih membawa konsekuensi. Ketika kita memilih pasangan hidup dengan pertimbangan fisik yang cantik atau kaya saja dengan mengeyampingkan kesholehannya, resikonya bisa terjadi disharmonisasi keluarga yang ujung-ujungnya terjadi perceraian, ketika memilih hidup konsumtif tanpa memperhatikan prioritas kebutuhan sementara gaji pas-pasan akan menimbulkan banyak hutang, ketika memilih selalu makan enak tanpa memperhatikan resiko terhadap kesehatan tubuh akan mengakibatkan timbulnya penyakit.

Terkadang tidak mudah dalam menentukan suatu pilihan bahkan menimbulkan dilema. Disinilah kita dituntut berpikir sehat dan cermat sehingga dapat membuat keputusan yang bertanggung jawab. Dengan membuat keputusan bertanggung jawab berarti kita telah memilih sesuatu dengan sadar, yang artinya tidak ada penyesalan dikemudian hari karena kita sadar betul apa yang menjadi konsekuensinya.

Sebagai acuan dalam menentukan pilihan sadar secara umum bahwa yang kita pilih tidak melanggar aturan Allah, mempunyai nilai manfaat, tidak menimbulkan mudhorot, membuat diri kita nyaman dan tentram, dan yang paling penting diridhoi Allah SWT

1 Response to "Menentukan Pilihan"

hidup emang pilihan… dan kita harus pandai-pandai dalam memilih… ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Mutiara Kata

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (QS. Al-Baqarah: 216)
Mei 2010
S S R K J S M
    Jun »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Archives

Top Rated

Blog Stats

  • 158,282 hits

Favorit link

%d blogger menyukai ini: