It's just my little's notes…

Hidup Seimbang

Posted on: Mei 19, 2010

Hidup seimbang berarti memberikan sesuatu haknya sesuai takaran tanpa ada penambahan dan pengurangan. Allah menciptakan alam beserta isinya berada dalam keseimbangan sehingga kehidupan di dunia ini dapat berjalan secara teratur. Keseimbangan hidup dapat tercapai jika manusia hidup sesuai dengan fitrahnya.

Secara fitrah pada diri manusia terdapat 3 unsur yaitu jasmani, akal dan ruh. Ketiga unsur tersebut apabila berada dalam keadaan seimbang maka akan tercipta keseimbangan hidup dan dengan keseimbangan hidup manusia dapat meraih kebahagian.

Bagaimana memenuhi kebutuhan ketiga potensi dalam diri manusia itu caranya :

Jasmani
Jasmani berarti fisik atau raga, dalam segala aktifitas kita memerlukan fisik yang kuat dan sehat, karena apabila fisik kita lemah dan sakit tentu semua aktifitas tidak dapat berjalan dengan baik dan lancar. Untuk itu kita perlu menjaga dan merawat jasmani kita agar kuat dan sehat. Dalam sebuah hadist dikatakan : “Mukmin yang kuat itu lebih baik atau disukai Allah daripada mukmin yang lemah (H. R. Muslim)” dan juga ada kata-kata bijak mengatakan bahwa dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Kebutuhan jasmani yang harus kita penuhi agar kuat dan sehat, antara lain makan dan minum dengan makanan dan minuman yang halal lagi thoyib, isstirahat / tidur yang berkualitas, berolahraga, menjaga kebersihan jasmani

Akal
Kebutuhan akal adalah ilmu. Manusia tanpa ilmu akan hidup tanpa arah, dengan dibekali ilmu, manusia akan mampu mengenali hakekat sesuatu, dapat membedakan hal yang baik dan buruk, dapat berkreasi, menciptakan sesuatu baik untuk hidup sendiri maupun orang lain.
Untuk mempunyai ilmu manusia harus mencarinya bahkan wajib hukumya sebagaimana disebutkan dalam Al Qur’an surah Ali Imran 190 -191 yang artinya :

190Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal,

191. (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka .

Ruh (hati)
Tidak hanya jasmani saja yang harus dipenuhi kebutuhannya, ruhpun mempunyai kebutuhan, Kebutuhan ruh adalah dzikrullah. Pemenuhan kebutuhan ruh akan menumbuhkan semangat hidup, berpikir sehat dan positif, senantiasa tenang dan tentram dalam menjalani hidup.
Hal ini dapat dilihat dalam QS Ar Ra’d ayat 28 yang artinya

(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.

Apabila kita mampu memenuhi kebutuhan dari ketiga potensi tersebut Insya Allah akan tercipta keseimbangan hidup yang dapat mendatangkan kebahagiaan, namun apabila salah satu dari ketiga potensi tersebut tidak dapat kita penuhi haknya maka akan ada kepincangan dan akan terjadi ketidakseimbangan dalam hidup.

Sebagai contoh :
Pemenuhan hak hanya kepada jasmani dan akal saja
Dengan fisik yang kuat dan sehat serta mempunyai kemampuan akal yang super brilliant, seseorang akan mampu menggenggam dunia, namun belum tentu merasakan ketenangan dan ketentraman hidup, Hidupnya akan diliputi kecemasan dan kekawatiran akan harta dan dunia yang dimilikinya yang ujungnya kebahagian semu yang didapatkannya.

Pemenuhan hak hanya kepada jasmani dan ruh saja
Seseorang mempunyai fisik yang kuat dan sehat serta sholeh (senantiasa taat kepada Allah) namun tidak didukung ilmu yang memadai dan tidak mau belajar, dia akan mudah terseret arus kehidupan sehingga dia akan mudah tertipu dan mudah dipermainkan orang.

Pemenuhan hak hanya kepada akal dan ruh saja
Seseorang mempunyai ilmu yang banyak dan tinggi serta berpribadi sholeh namun  fisiknya lemah dan sakit-sakitan, tentu tidak akan mampu beraktifitas dengan baik dan lancar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Mutiara Kata

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (QS. Al-Baqarah: 216)
Mei 2010
S S R K J S M
    Jun »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Archives

Top Rated

Blog Stats

  • 158,282 hits

Favorit link

%d blogger menyukai ini: