It's just my little's notes…

Jangan Makan Minum Sambil Berdiri !!

Posted on: November 25, 2010

Sering kita menasehati dan mengingatkan anak-anak ketika makan minum untuk selalu menggunakan tangan kanan…namun jarang mengingatkan ketika anak makan dan minum sambil berdiri, sehingga sering terlihat anak-anak makan dan minum sambil berdiri bahkan berlari.

Namun agaknya hal yang demikian bukan hanya terjadi pada anak-anak saja karena tidak sedikit para remaja dan orang dewasa juga melakukannya.

Saya sering melihat teman-teman di kantor pada saat makan kue atau camilan dan minum dilakukan dengan berdiri padahal ada tempat duduk bahkan dengan tangan kiri dan sambil berjalan bahkan lagi sambil ngobrol serta ketawa –ketawa.

Yang demikian dilihat dari kacamata orang timur saja merupakan hal yang kurang sopan dan tidak sedap dipandang mata apalagi dari kacamata agama yang telah jelas mengaturnya, namun hal-hal demikian sering disepelekan dan akhirnya menjadi suatu hal yang biasa…orang bilang “menjadi biasa karena terbiasa” (meski tidak sesuai syar’i)…….. bahkan sekarang ini makan dan minum sambil berdiri sudah dibudayakan seperti acara standing party.

Rasulullah SAW telah mengajarkan bagaimana adab makan dan minum diantaranya adalah sebagaimana hadist :

“Apabila salah seorang dari kalian makan, hendaklah dia makan dengan tangan kanan. Dan apabila dia minum, hendaklah dia minum dengan tangan kanan. Karena setan makan dan minum dengan tangan kiri” (HR Muslim)”

Dalam hadist lain :

Dari Anas dan Qatadah rodhiyallohu anhuma, dari Nabi sholallohu alaihis salam: Sesungguhnya beliau melarang seseorang minum sambil berdiri, Qatadah berkata, “Bagaimana dengan makan?” Beliau menjawab, “Itu lebih buruk lagi.” (H.R. Muslim dan Turmudzi)

Dari Abu Hurairah rodhiyallohu anhu, dari Nabi sholallohu alaihis salam bersabda: “JanganLah kalian minum sambil berdiri! Apabila kalian lupa, maka hendaknya ia muntahkan!” (H.R. Muslim)

Mengapa rasulullah melarang kita makan minum sambil berdiri karena memang ada akibat yang ditimbulkan, ternyata makan dan minum sambil berdiri dapat membahayakan kesehatan antara lain menyebabkan penyakit kristal ginjal dan disfungsi pencernaan dan untuk mengetahui lebih jelas dan detail lihat di islamarket.net (halaman paling bawah)

*) tulisan ini terinspirasi dari dan untuk mengingatkan teman kantor yang sering terlihat ketika makan dan minum dengan berdiri, berjalan dan dengan tangan kiri.

About these ads

26 Tanggapan to "Jangan Makan Minum Sambil Berdiri !!"

dalam hal memperingati/menasihati yang paling lemah-lemahnya itu dalam hati…tulisan ini sebagai media ungkapan hati tersebut…mudah2an mereka yang makan/minum sambil berdiri sebagai kebiasaan membaca dan tersinggung…
-nice post-

disini bukan makan sambil berdiri lagi
disini bahkan makan sambil maki-maki
kalao minum sambil ngomel-ngomel…
gimana tuh? hehehe…

sedj

memanfaatkan waktu kerja yang padat kali mbak..
anak2 di SDIT biasanya diingatkan untuk makan tidak berdiri, sambil senderan disekolah mereka,, tetapi masuk kelingkungan pergaulan ya begitu lagi, minum sambil berdiri habis itu langsung lari main lagi..

Di sekolah saya juga diajarkan haditsnya, Mbak. Jadi, malu klo anak2 aja bisa mengamalka hadits itu. Kok kita yg dewasa nggak bisa. Kadang pertanyaan anak,”Kok, minum berdiri ga dibolehin sih,Bun?” Saya hanya jawab sesuai logika mereka,” Ntar klo kesenggol temen gimana padahal kita lg minum sambil berdiri?”

Ini contoh yang sangat baik. Sunnah Rasulullah itu terdiri dari perintah dan larangan. Kalau kita ingin belajar melaksanakan sunnah, bisa dimulai dari yang sederhana seperti dua hadits di atas. Dengan makan dan minum sambil duduk berarti kita telah melaksanakan sunnah. Tidak harus kita mengejar sunnah yang berat kalau memang belum mampu melaksanakannya. Mulai saja dari yang sederhana seperti ini.
Terima kasih sudah diingatkan lagi…

sebenarnya anjuran makan duduk itu lebih kepada kesehatan ya ummu

Ummiiiii… Lapor!
Tadi pak Om Sedj makan sambil berdiri, setelah saya ingetin ke tulisan Ummi, beliau langsung duduk di kursinya! :mrgreen:

syukron ya tlah dingatkan…untung ada bunda yg mengingatkan :) semoga omnya ga lupa lagi…

Segala larangan Rasul pasti ada alasannya, tapi kadang kita saja yang kurang teliti mencari apa maksud dari larangan Beliau.
hem.. posting yang membuat saya jadi lapar seketika..
makan dulu ah…

Assalaamu’alaikum Ummu Rizka…

Apa khabar mbak ? Didoakan sehat dan bahagia selalu. Kerana rindu saya ke mari dan berkongsi ilmu buat manfaat kita bersama. menulis adalah satu perkongsian bijak. Salut mbak.

Alhamdulillah, peringatan baik untuk sesiapa yang suka makan dan minum sambil berdiri. Juga buat saya yang tentunya tidak terlepas dari acara makan dan minum sambil berdiri terutama jika ada acara seminar, kursus atau konvensyen di hotel, memang tidak dapat dielakkan kerana terlalu ramai peserta yang hadir.

Walau bagaimanapun, peringatan Rasul SAW akan tetap tersemat di hati dan mengharap tidak berlakunya sesuatu yang buruk kepada kesihatan diri ketika sedang makan dan minum sambil berdiri.

terima kasih mbak atas pesan yang bermanfaat. Mudahan teman yang sering melakukannya dapat menerima dengan hati yang terbuka kerana kadang kala, ada yang tidak dapat menerima nasihat kita secara berhadapan.

Salam manis dan sayang selalu buat mbak Ummu di sana. :D

Waalaikumsalam bunda, senang rasanya disapa lagi oleh bunda siti. Alhamdulillah atas doa bunda, kami sekeluarga dlm keadaan sehat, smg dmkn juga yang terjadi pada bunda dan kelrg.

Semua sendi kehidupan kita diatur dalam Al Qu’ran dan Al HAdist, hingga yang kecil-kecilpun ada aturannya, karena memang ada kebaikan didalamnya…semoga kita bisa istiqomah dalam menjalankan apa yang telah diatur dalam agama.
Salam sayang juga buat bunda siti :)

salam sahabat……

kalo makan dan minum seharusnya memang kita harus duduk , masa kita makan dan minum sambil jalan……

ummiii… untuk yang satu ini rada lemah pengawasannya. hiks. :( apalagi di lingkungan sini banyak anak2 yg makan-minum sambil berdiri bahkan jalan2. jadi deh alfis suka ikutan.. tampaknya harus ditulis tuh dari sisi medisnya…

Wah bener banget itu. Agama pun melarang ya klo makan sambil berdiri. Tapi klo minum mah sunah ya sambil duduk?berarti boleh berdiri?asal jangan sambil lari-lari sih, he cmiiw ya. Oh y ummu postingan saya segera di launch. Baru sempet lagi :D

thanks.

terimakasih atas sebuah tulisan yang mengingatkan kita semua ni ya Ummu. :mrgreen:

Kadang ada teman saya yang berterima kasih karena telah diingatkan..
Kadang saya yang lupa mengingatkan.. :(

dapat pelajaran baru disini..mungkin itu sudah menjadi hal biasa d masyarakat kita tetapi jauh dari norma agama..

jadi teringat..hadisnya : laa yasrobanna akhadukum qaiman

haha bener itu masih banyak kita jumpai..

Tapi kalo di kantor saya. Makan dan minum sambil kerja. Ngunyah ajah gitu sambil kerja juga. Termasuk saya

Doh… :(

hai ummu rizka, salam kenal. Betul tuh mi, emang agak susah (tapi tetap diusahakan) nih ke shishil. Btw ijin tukeran link ya ^^

selamat pagi sobat
setuju ga boleh makan sambil berdiri.. :)

kalau makan snack sering bgt sambil berdiri, tp klo makan2an berat, seperti nasi ataupun kue aku usahakan duduk.
tp klo untuk minum, ini yg agak susah :D
biasanya klo makan aku duduk, tp ketika mau minum aku lgs berdiri :D

Alhamdulillah, selama 10 tahun ini, ke-empat anyakku sudah kubiasakan dengan itu semuwa mi, baik ketika mau makan, minum, maupun yang lain, apalaji sekolahnya di SDIT. Salam silaturohim ya mi dari Kendal?

alhamdulillah. terima kasih infonya….apalagi ada alasan ilmiahnya… semakin yakinlah apa yang dikatakan Rasulullah saw.
salam kenal…

saya suka bingung kalo dalam kondisi menghadiri undangan dimana pas acara makan ga disediain kursi/terbatas sehingga kadang tak terelakkan makan/minum sambil berdiri lah kita.. :(

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Mutiara Kata

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (QS. Al-Baqarah: 216)
November 2010
S S R K J S M
« Okt   Des »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Archives

Top Rated

Blog Stats

  • 127,279 hits

Favorit link

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 32 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: