It's just my little's notes…

Kenapa Mata Kedutan

Posted on: Juli 30, 2010

Sudah hampir 3 minggu ini kelopak mata kanan atas saya kedutan terus, kadang dalam satu hari terasa terus menerus namun kadang ilang timbul. Awalnya sih saya tidak begitu peduli dengan kedaaan ini namun kok lama-lama jadi mengganggu aktifitas saya sehari-hari terutama ketika beraktifitas yang memerlukan konsentrasi.

Iseng-iseng saya bertanya kepada beberapa teman kantor saya, apa sih obat mata kedutan sekaligus pengen tahu juga sejauh mana mereka memaknai mata kedutan, hampir rata-rata menjawab kalau mata kedutan itu tidak ada obatnya biasanya nanti sembuh sendiri, malah salah satu teman saya memberi penjelasan lebih detail tentang arti kedutan menurut primbon atau ilmu titen orang tua zaman dulu.

Walah hari gini kok masih percaya ya dengan hal yang begituan …, jelas pemahaman itu termasuk khurafat dan jika mempercayainya bisa-bisa terjerumus dalam dosa syirik :( :(

Karena rasa penasaran, saya mencoba mencari jawabnya dengan melakukan searching di tuan google, pada awalnya sih karena saya salah memasukkan kata kunci jadinya yang saya temukan kebanyakan artikel yang mengupas makna /arti kedutan menurut primbon, namun setelah coba dengan kata kunci lainnya akhirnya saya menemukan jawaban yang menjadi penyebab utama mata kedutan dan ternyata ilmiah lho ….. :lol: karena didasarkan pendapat paramedis… antara lain disebabkan karena stress, kelelahan, mata lelah, kaefin dan alkohol, mata kering dll ) dan bukan seperti yang diyakini orang tua zaman dulu yang notabene masih dipercaya sampai sekarang.

Untuk lebih jelasnya yang menjadi penyebab mata kedutan, bisa dilihat antara lain disini :
http://kesehatan.liputan6.com/berita/201003/267418/Penyebab.Mata.Kedutan.dan.Solusinya atau

http://health.detik.com/read/2010/02/21/095311/1303635/766/mata-kedutan-dan-penyebabnya.

About these ads

21 Tanggapan to "Kenapa Mata Kedutan"

bunda.. klo kedutan nya ngga di mata gmn ya … aq sering kedutan nya dialis…:D

waduh ..kalo selain mata saya belum tahu juga ni..cari sendiri ya… :(

banyal mitos tentang keduten bu…, kalau yang direkomendasikan diatas memang ilmiah adanya…

terbuktikan bahwa kedutan bukan karena suatu tanda tapi karena memang ada sebabnya…semoga orang-orang tidak mempercayai mytos lagi..

mata kedutan, ada yang nafsirkan mau dapet duit..
jadi, duitnya dah ketangkep apa belom?

sedj

uangnya kemaren dah tak tangkep namun kedutannya belum ilang juga…berarti makna kedutan menurut primbon yang dipercaya banyak orang itu tidak terbukti kan…

Hai Ummi… apa khabar ?
Ilmu titen ini, walau dunia telah global dan digital, masih tetap dipercayai selagi ada yang mahu mempercayainya , Ummi.

Terkadang ilmu titen ini juga boleh diilmiahkan kerana apa yang berlaku juga mungkin hal-hal alami yang mempunyai ikatan dengan pengalaman yang dilalui. Menurut saya, tidak semuanya ke arah mensyirikkan Allah kerana terdapat ilmu titen yang bersifat ilmu akli, cuma harus disusuli dengan pendapat ilmiah dan hujjah ilmu nakli. Wallahu’alaam.

Salam kasih dari Indahkasihku.

Banyak orang sering percaya dengan ilmu titen ini, padahal tidak selalu benar sering banyak melesetnya, jika benar itu hanya kebetulan saja..

Assalamualaikum,
Penyebab mata kedutan, yang lia tahu, karena masalah kecil di saraf mata aja, ummu. Syukran ya sudah share link kesehatannya. Salam kenal dari lia.

Waalaikumslm Wr.Wb..lia
menurut paramedis diwebsite tsb kedutan tidak membahayakan..
salam kenal juga ya.

gak jadi diperbaiki link-nya cay..
coba lagi aja… hehee..

sedj

yang lebih jelas tuh seperti karana mata terlalu lelah.. gitu deh jadinya..

tapi yang bikin saya merasa aneh, kenapa ya orang tua2 dulu bikin mitos seperti itu ya? :D :D kalao kedutan nanti itulah, inilah dan apalah :D

hihihi..emang kebanyakan org masih percaya ama hal2 yg berhubungan ama primbon gt yah mbak..

info yang bgs mbak!!!
sippp…
jadi terpatahkan mitos2 yang dulu2…
jadi pada ngerti lah kita semua….

:D sedikit tidak percaya dengan kata orang duluh mbak…
tapi penyaluran dari akibat efek-efek diatas “secara ilmiah” seperti apa ya gambarannya…??

salam sejahterah

Assalamualaikum
Kunjungan perdana
Makasih atas artikel yg bermanfaat ini
Salam

bwt kanvasmaya : yup salah satunya itu..
bwt krupukcair : ya karena ilmu titen itu…hanya kebetulan aja.
bwt fitrimelinda : saatnya sekarang untuk meluruskannya :)
bwt rista : thanks kunjungannya.
bwt andipeace : saatnya untuk tidak percaya…:)
bwt kak Zen : walaikumsalam…trimakasih kunjungannya…

ya… stress adalah salah satu penyebabnya
makanya jangan terlalu stress mbak

like. bermanfaat. thanks

tapi saya kurang setuju,karena setiap akan menerima uang,telapak tangan kiri saya dan paha kiri kedutan.,setiap mau ktm klarga atau tmn lama,mata saya kedutan…saya gk tau mitos atau ap,yang jelas iyu yang terjadi pd diri saya lho,,nyata

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Mutiara Kata

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (QS. Al-Baqarah: 216)
Juli 2010
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Archives

Top Rated

Blog Stats

  • 118,150 hits

Favorit link

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 32 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: